ANTARA KEBERUNTUNGAN DAN KEPINTARAN

oleh -447 views
Cibubur.OKU POS.Com – Tak jarang kita menyaksikan seseorang mengatakan kepada pihak lain tatkala dalam posisi kesuksesan, ah dia kebetulan lagi beruntung saja. Lalu yang dikomentari justru merasa tidak terima. Contoh sederhana karena kenaikan pangkat, jabatan dan bahkan posisi terhormat lainnya. Atau bahkan bisa sukses usahanya lancar jadi besar, omset dan laba banyak serta memberi manfaat nyata kepada masyarakat sekitarnya karena terciptanya lapangan pekerjaan yang banyak dan seterusnya.
Padahal mestinya disyukuri kalau dianggap semua itu karena keberuntungan. Bukan karena kepintaran atau kerja keras semata. Pertanda Tuhan ikut serta dan berpihak kepadanya. Sehingga khabul doanya,  dimudahkan usahanya. Bukan semata – mata karena kepintarannya. Sebagian orang masih suka kalau dianggap suksesnya karena pintarnya atau karena kerja kerasnya. Padahal idealnya, suksesnya karena kemauan keras, kepintarannya sehingga dapat dukungan banyak pihak, serta karena Tuhan selalu berpihak.
Ilustrasi di bawah ini akan semakin menajamkan betapa nikmatnya jadi orang pintar yang beruntung ;
1. Orang pintar. Menanam kedelai karena tahu ilmu tanah dan agronomi. Orang lain umumnya 1,7 ton/ha/musim tapi dia bisa 2,5 ton/ha/musim. Tapi tak beruntung, karena sejak 2 hari sebelum panen hujan deras akhirnya semua kedalainya jadi kecambah dan busuk tak bernilai apapun juga. Mungkin Tuhan sedang mengujinya karena dia merasa pintar.
2. Orang beruntung. Dia biasa saja, lazimnya orang lain di sekitarnya, menanam kedelai dapatnya 1,7 ton/ha/musim. Tak begitu hebat, tapi beruntung, saat 1 minggu sebelum dan sesudah panen justru jadi panas terang benderang. Akhirnya semua jadi rejeki yang teramat bagus, apalagi saat itu harga lagi baik. Tuhan berpihak kepadanya.
3. Orang pintar yang beruntung. Karena selalu mau belajar dan berubah di lapangan, akhirnya dapat ilmu hikmah pembelajaran buat bekal menanam di musim berikutnya. Jadilah menanam kedai dengan panen 3 ton/ha/musim. Cuaca saat panen bagus, masyarakat banyak yang senang lalu mendukungnya dan barangnya diolah jadi tahu tempe sehingga nilai tambahnya 2x lipatnya karena laku keras, Tuhan berpihak kepadanya. Sekalipun luas tanam sama tapi hasilnya kuadran.
Begitu juga contoh video apik inovatif hal kebun kelapa muda pandan wangi di bawah ini.
Semoga bermanfaat dan semoga juga kita jadi orang paling beruntung karena Tuhan berpihak, akibat dari Tuhan menghargai kemauan keras usaha kita.
Salam Inovasi 🇮🇩
Wayan Supadno
Pak Tani
BACA JUGA  Warga Kurang Mampu Di OKU Dapat Menikmati Listrik Gratis