Antisipasi Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Tim KP3 OKU Lakukan Pengawasan

oleh -209 views

Baturaja.OKU POS.Com – Musim tanam petani saat ini masih panjang, yang mana dengan curah hujan yang masih tinggi membasahi bumi menjadikan para petani semakin bersemangat untuk menanam.

Saat ini ribuan hektar tanaman Palawija, terutama tananan jagung masih menjadi primadona para petani di Kabupaten OKU. Selain volume produksi yang baik dan juga harga nilai jual jagung petani masih stabil.

Untuk memenuhi kebutuhan akan pupuk, petani Kabupaten OKU masih tetap mengandalkan pupuk bersubsidi dari pemerintah. Untuk memastikan ketersediaan pupuk tersebut, sehingga para petani tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

TIM KP3 OKU, kembali melaksanakan tugas dan fungsinya, pembinaan dan pengawasan terhadap pupuk bersubsidi, kali ini yang menjadi tujuan adalah untuk wilayah Baturaja Timur,  Selasa (19/05/2020).

Tim dipimpin langsung oleh ketua Tim KP3 yakni Sekda OKU, . Drs. Akhmad Tarmizi, yang di dampingi oleh kepala   Dinas Pertanian, Kabupaten OKU  Joni Saihu, SP. MSi, Kabid PSP, . Agus Paharyono, Kasi Pupuk dan Pestisida.  Syahroni, SP, dari Dinas Perdagangan, diwakili oleh Kasi Binus dan Sarana perdagangan, serta Staf.

BACA JUGA  GUBERNUR SUMSEL APRESIASI JASS 8 OKUS

Kunjungan di awali di kios Nadia Tani, yang berada di Kelurahan Sepancar LK, hasil pantauan pupuk sangat cukup tersedia, terutama untuk jenis UREA, ZA, SP36, untuk Ponska stok yang tersedia tinggal 2 Ton, akan tetapi dalam waktu dekat akan mendapatkan suplai dari Distributor. Sehingga kebutuhan akan pupuk tersebut tidak perlu di khawatirkan oleh petani.

Dari kios Nadia Tani, tim kemudian melanjutkan ke kios Widia Tani di kelurahan Kemelak, dan tinjauan kali ini berakhir di kios Tri kora Tani, di Kelurahan Baturaja permai.

Sekda, selaku ketua Tim mengungkapkan pihaknya merasa puas karena ketersediaan pupuk cukup dan dalam kondisi aman, dalam menghadapi Musim Tanam 2 ini, beliau khawatir di saat COVID ini terjadi kelangkaan pupuk.

BACA JUGA  PENIKMAT PERUBAHAN ADALAH YANG CEPAT BERUBAH.

” Alhamdulilah kami cukup puas karena sudah kita tinjau langsung, InsyAllah Stock pupuk kita aman nanti untuk musim tanam, tadinya kami agak khawatir karena saat ini kita di tengah masa Pandemi Covid-19, ” Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas pertanian OKU selalu mengingatkan agar kebutuhan akan pupuk tetap berjalan dengan baik sehingga petani di OKU tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk tersebut.

Senada dengan kepala dinas pertanian Kabid PSP Agus Paharyanto dan Kasi Pupuk dan Pestisida Syahroni ,SP mengatakan, ” Pihaknya selalu memantau akan keberadaan Pupuk dan berbagai jenis Pestisida, dengan tujuan jangan sampai ada pupuk dan pestisida yang masuk dan beredar di OKU tanpa sepengetahuan dari pihak nya, dikhawatirkan akan ada pupuk dan pestisida yg palsu sehingga merugikan para petani, ” Ujar Syahroni. (Azam)