Asisten I OKU Selatan Joni Rafles, AP, M.Si, Apresiasi Kegiatan Advokasi Program Pangan Aman Bahan Berbahaya

oleh -243 views
Muaradua.OKU POS.Com – Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) merupakan program yang bertujuan menambah pengetahuan dan mengubah sikap dan perilaku masyarakat desa atau kelurahan tentang keamanan pangan sesuai dengan pesan lima kunci keamanan pangan. Program ini perlu dilihat keberlanjutannya melalui keaktifan para kader dan ada tidaknya kegiatan keamanan pangan di desa atau kelurahan yang telah diberikan bimbingan.
Sementara itu, program yang bertujuan
Pangan jajanan anak sekolah (PJAS) merupakan pangan jajanan yang ditemukan di lingkungan sekolah dan menjadi konsumsi harian anak sekolah, yang terdiri dari minuman, buah-buahan, cemilan dan makanan sepinggan menjadi santapan anak-anak ketika jam istirahat dan pulang sekolah. Keamanan PJAS ini masih rendah dan masih menjadi permasalahan penting yang perlu mendapat perhatian dan komitmen komunitas sekolah. Untuk mewujudkan dan menjamin keamanan pangan jajanan di sekolah perlu upaya konkrit dari banyak pihak.
.
Pemerintah Kabupaten OKU Selatan
Sangat, perduli dalam program gerakan keamanan pangan desa dan pangan jajanan anak sekolah.
.
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si., buka secara langsung kegiatan Advokasi Program Nasional dalam rangka Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) dan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di wilayah Kabupaten OKU Selatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Kamis (25/03/2021).
.
Hadir langsung pada kegiatan ini, Kepala Balai Besar POM Palembang beserta jajaran, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Selatan, Camat Banding Agung, Kepala Desa Merbau, Kepala Desa Sipatuhu, Kepala Desa Surabaya ( Kecamatan Banding Agung ) serta undangan lainnya.
.
Dalam sambutan Kepala Balai POM Palembang Yosef Dwi Irwan,S.Si.Apt., menyampaikan, “Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Aman dari Bahan Berbahaya (PABB) dan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), merupakan program prioritas Nasional terkait keamanan pangan yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa, komunitas pasar dan komunitas sekolah dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman tengah Pandemi Covid-19,” Ujarnya.
.
Kegiatan advokasi ini bertujuan untuk melakukan koordinasi dengan lintas sektor untuk menggalang komitmen pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan kegiatan Desa Pangan Aman, Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Sekolah secara terpadu.
.
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si., juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sangat Mengapresiasi kegiatan ini serta menilai bahwa program GKPD dan PJAS sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan pangan.
“Oleh karenanya, program ini harus didukung oleh semua pihak agar terhindar dari makanan yang tidak aman apalagi berbahaya bagi kesehatan,”Jelasnya.
.
Selanjutnya, Asisten I juga mengajak agar masyarakat berperan serta dalam pembangunan kesehatan menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.
Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan Paket Test Kit dari Balai POM Palembang ke Pemerintah Desa, Food Test Kit (Armmatch 01SP) adalah alat yang dirancang untuk dapat memeriksa cemaran mikroniologi, dan kimia yang ada dalam Makanan secara cepat, akurat dan mudah digunakan di lapangan (portable). (Yuni)
BACA JUGA  Kena Batu 4 Kali Beraksi, Sat Reskrim Polres OKU Selatan Ringkus Pelaku Pencuri Kotak Amal