Bawaslu Harus Lebih Paham Dari KPU

oleh

OKU Selatan.OKU POS.Com – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu adalah sebuah lembaga yang mempunyai wewenang dalam melakukan pengawasan dan dapat memberikan sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan.

Bawaslu harus lebih memahami prosedur dan langkah-langkah pelaksanaan pemilihan umum. Bahkan idealnya ilmunya harus lebih dari yang dimiliki oleh penyelenggara KPU.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Sumatera Selatan Yenli, saat membuka Training of Trainer (ToT) Pengawas TPS se Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, di villa Pusri, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Menurut Ketua Bawaslu OKU Selatan Hery Afrizon, kegiatan ini bertujuan membekali para Panwascam, yang selanjutnya akan memberi pembekalan juga kepada Pengawas TPS yang akan bertugas pada tanggal 17 April 2019 nanti.

Untuk lebih memberikan pemahaman para peserta, panitia ToT juga menayangkan video simulasi pemilihan. Dalam rangka membengkali panwascam, acara diibuka tanggal 20 maret 2019 dan ditutup tnggl 22 Maret 2019.

Dihadiri peserta 57 orang acara dibuka oleh Yenli Elmanoferi,Kordiv Organisasi fan SDM Bawaslu SumSel. Target sasarannya para Panwascam dan Kepala Sekretariat Kecamatan. (Tim)