Bupati dan Kadin Pertanian OKU Lepas Peserta PEDA KTNA Tingkat Provinsi

oleh -542 views

Baturaja.OKU POS.Com – Peserta kontingen Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengikuti PEDA KTNA (Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan) Ke XIII Tingkat Provinsi Sumsel, dilepas Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, bertempat di halaman Rumah Dinas Bupati OKU, Minggu pagi (23/06/2019) Pukul 08.00 WIB.

Pelepasan para kontingen PEDA KTNA ini dihadiri Kadin Pertanian OKU, Joni Saihu SP MSi beserta beberapa Pejabat Pemkab OKU lainnya. Diikuti oleh peserta Kontingen OKU yang berjumlah 54 orang terdiri Peninjau 1 orang dari instansi terkait, KTNA sebanyak 16 (Perwakilan 13 Kecamatan masing 21 orang & 3 orang pengurus KTNA Kab OKU), Pendamping 7 orang, Peninjau instansi 11 orang, KTNA (Swadaya) 8 orang, Penyuluh Swadaya 5 orang ditambah Staf Pertanian OKU 4 orang.

PEDA KTNA tingkat Provinsi Sumsel yang rutin diadakan setiap 3 tahun 1 kali ini, akan dilaksanakan di Kabupaten Muba pada tanggal 24 sampai 28 Juni 2019 mendatang. Dilanjutkan ke PENAS KTNA Tahun 2020 yang akan digelar di Sumatera Barat. Kegiatan tersebut merupakan pesta nya para petani dan Nelayan di Provinsi Sumsel yang akan diikuti oeh para petani dan nelayan dari berbagai wilayah Kabupaten/Kota se Sumsel.

Dalam laporan Kepala Dinas Pertanian, Joni Saihu, SP menyampaikan tujuan PEDA KTNA merupakan wahana bagi para Petani Nelayan Andalan Sumsel untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pembangunan pertanian yang diselenggarakan secara teratur & berkelanjutan. Sekaligus merupakan ajang pengukuran prestasi petani nelayan dan pembangunan bidang pertanian.

“Melalui PEDA KTNA ini diharapkan para peserta yang menjadi kontingen dapat lebih meningkatkan dan memberdayakan petani, nelayan serta pelaku usaha kehutanan dalam menghadapi tantangan yang semakin berat, khususnya sebagai dampak semakin meningkatnya kepentingan dibidang pertanian, kehutanan serta perikanan. Yang mana saat ini semakin modern dan penuh persaingan yang terus dipantau oleh pemerintah demi kesejahteraan petani dan nelayan dalam membantu menumbuhkan pembangunan dalam dibidang pertanian ,”papar Joni Saihu.

Sementara kata sambutan dari Bupati OKU yang berpesan agar bisa menjaga kekompakan dan rasa kebersamaan sesama kontingen PEDA KTNA ,”Disiplin dalam mengikuti kegiatan, jaga nama baik Kabupaten OKU, jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang profesi masing-masing yang mana kita semua dapat menunjukkan prestasi terbaik ,”ujar Kuryana Azis.

Laporan: (RMW)