Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan Gelar Silaturahmi Kepada Pemangku Adat 

oleh -1121 Dilihat
Muaradua.OKU POS.Com – Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya dalam suatu komunitas. Karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya.
Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum yang lazim dilakukan di suatu daerah. Dimana, apabila adat ini tidak dilaksanakan akan terjadi kerancuan yang menimbulkan sanksi tak tertulis.
.
Sanksi Adat istiadat biasanya dilakukan oleh masyarakat setempat terhadap pelaku yang dianggap menyimpang.
.
Untuk itu pemerintah harus berupaya untuk melestarikan adat istiadat  sebagai budaya bangsa. Hal ini terbukti dengan diadakanya silaturahmi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan kepada semua pemangku adat istiadat Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan.
.
Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. dan Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP.,M.Si. hadir langsung untuk  bersilaturahmi dengan seluruh Pegurus Pembina Adat dan Pemangku Adat Kecamatan, dilanjutkan dengan Pemberian secara simbolis Alat Alam Gemesir, dan Penyaluran Dana Operasional Triwulan III Tahun 2020, Selasa (22/09/2020).
Bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, kegiatan yang diikuti oleh para pemangku adat Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan ini turut dihadiri oleh Ketua Pelaksana Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan H. Hasan MK.
.
Dalam laporan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKU Selatan Darmawan, S.E.,M.M. bahwa silaturahmi antara Ketua Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU Selatan bersama 57  Pemangku Adat ini dihadiri oleh seluruh Koordinator Wilayah Adat dari Enam Suku, Pengurus Dewan Pembina Adat, dan Pengurus Pemangku Adat Se Kabupaten OKU Selatan di 19 Kecamatan.
.
Kepala Dinas Pariwisata juga menjelaskan bahwa, kebudayaan Alam Gemesir yang merupakan warisan budaya dan adat istiadat Ranau akan ikut serta dalam parade budaya pada HUT Taman Mini Indonesia Indah.
.
Dalam kesempatan ini juga Darmawan mengatakan, akan segera dibentuk Tim Ahli Cagar Budaya OKU Selatan. Kepengurusannya sendiri terdiri dari Budayawan, Sejarahwan dan Arkeolog. Nantinya Tim Ahli yang dibentuk ini akan disertifikasi.
Ketua Pelaksana Dewan Pembina Adat Kabupaten OKU selatan dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan, untuk bersilaturahmi dengan Para Pemangku Adat. Ia juga menyampaikan usulan dan harapan terkait pembangunan rumah adat di tiap Kecamatan.
.
Dalam arahannya Bupati OKU Selatan menyampaikan, mudah-mudahan dengan silaturahmi ini semakin mendekatkan para pembina dan pemangku adat, tidak lain untuk memajukan Kabupaten OKU Selatan dari segi pariwisata dan adat istiadat serta kebudayaan.
.
Bupati juga mengajak kepada para pemangku adat untuk menjadi contoh, dan memberikan wawasan kepada masyarakat terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
.
Terkait pengadaan alat Alam Gemesir, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan kebudayaan ini menjadi komersil, ini akan ditampilkan diberbagai festival, sehingga menjadi magnet serta daya tarik.
.
Menanggapi harapan dari Ketua Pelaksana Dewan Pembina Adat terkait Rumah Adat, bahwa hal ini akan menjadi perhatian dan akan dikonsepkan. Rumah adat yang telah ada juga akan dijadikan tempat pameran, tempat benda-benda adat dan budaya OKU Selatan. Yang paling penting, rumah adat ini menjadi tempat para generasi muda OKU Selatan untuk belajar adat istiadat dan budaya OKU Selatan.
Selanjutnya, Bupati OKU Selatan, Wakil Bupati OKU Selatan dan Ketua Pelaksana Dewan Adata Kabupaten OKU Selatan, secara simbolis menyerahkan Alat Alam Gemesir kepada 3 Ketua Pemangku Adat, diantaranya Kecamatan Banding Agung, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan dan Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.(Yuni)
BACA JUGA  Audiensi Dengan Bupati OKU Selatan, KNPI Laporkan Persiapan Musda ke- V Pemuda/KNPI OKU Selatan

No More Posts Available.

No more pages to load.