Bupati OKU Selatan Hadir Deklarasi Pencanangan ZI Menuju WBK Dan WBBM Lingkungan BPN

oleh -498 views

Muaradua.OKU POS.Com – Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo M., Com. menghadiri kegiatan Deklarasi Pembangunan Zona Integritas (Zl). Dalam rangka mewujudkan pelayan profesional, terpercaya menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), BPN Kabupaten OKU Selatan menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, bertempat di lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten OKU Selatan, Jum’at (25/09/2020).

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Turut hadir Ketua DPRD Heri Martadinata, Kejari, Dandim 0403 OKU, Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, FKPD, Para Asisten, Ketua Pengadilan Agama, Kakan Kemenag, Camat Muaradua, Para Lurah, Pimpinan Bank Sumsel, Bank BNI, BRI dan Mandiri.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Pertanahan OKU Selatan Fauzimar, A, PTNH.,S, mengatakan bahwa dalam rangka acara pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Birokrasi yang bebas korupsi dan bersih melayani adalah dambaan semua pihak. Hari ini dan kedepannya memberikan pelayanan yang terbaik adalah keniscayaan.

“Oleh karena itu, hari ini kami jajaran kantor pelayanan pertanahan Kabupaten OKU Selatan melakukan deklarasi atau pencanangan pembangunan zona integritas,”Ungkapnya.

Zona Integritas merupakan pelaksanaan program Reformasi birokrasi, Reformasi birokrasi adalah langkah awal untuk melakukan penataan awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien serta berkomitmen membangun integritas. Pencanangan Zona Integritas dilakukan dalam upaya membangun WBK dan WBBM.

BACA JUGA  Innalillahi Wa'inailaihiroji'un, Wakil Bupati Way Kanan Meninggal Dunia

WBK dan WBBM adalah proses menuju terwujudnya Zona Integritas pada sebuah unit Organisasi. Dengan harapan yang ingin dicapai Melayani, Profesional, dan terpercaya.

Indeks kepuasan masyarakat dengan memperhatikan 6 elemen pengungkit/ area perubahan yaitu;
1. Menejemen Perubahan
2. Penataan Tata Laksana
3. Penataan menejemen SDM
4. Penguatan Akuntabilitas
5. Penguatan Pengawasan
6. Peningkatan kualitas pelayanan publik

Dalam komponen tersebut diharapkan dapat menghasilkan sasaran aparatur Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Komering ulu Selatan, yang bersih dan bebas dari KKN.

Dilanjutkan pembacaan Ikrar oleh kepala Kantor Pertanahan Kabupaten OKU Selatan, dengan ini menyatakan siap mencanangkan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Dilanjutkan penandatangan Deklarasi Zona Integritas oleh seluruh pegawai ASN Pertanahan Kabupaten OKU Selatan.

Sambutan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Selatan, Oleh Bapak; Drs. Polopor, M.Eng.Sc. mengatakan bahwa, “Kebanggaan saya Kepala Kantor BPN OKU Selatan, tentang pencanangan aksi Zona Integritas di wilayah Kabupaten OKU Selatan, pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan membangun menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani masih lah sangat jauh. Dengan komitmen dari Kepala kantor BPN dan semua jajaran, perbaikan di segala lini, sehingga pembangunan pencanangan Zona Integritas bisa nerjalan dengan semestinya,”Jelasnya.

BACA JUGA  Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan Gelar Silaturahmi Kepada Pemangku Adat 

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan maupun Kapolres dan Kejari OKU Selatan untuk membimbing dan mengawasi secara ketat, agar tujuan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi dan Birokrasi bersih melayani bisa dijalankan, dibukanya pintu untuk mencontoh untuk melakukan zona integritas bebas korupsi dengan sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat Kabupaten OKU Selatan.

Sementara Bupati OKU Selatan, mewakili Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam sambutannya mengucapkan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPN kabupaten OKU Selatan yang telah mendeklarasikan pencanangan zona integritasi. Terkait Deklarasi Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ini, dengan segala kekurangannya atas niat dan semangat apa yang menjadi harapan dan Target sesuai yang direncanakan,”Ujar Bupati.

“Semangat kita semua yang jelas ini adalah bagian dari program-program Pemerintah. Bagaimana tujuannya pelayanan masyarakat semakin hari semakin baik, bagaimana satu sama lain baik antar Lembaga Kepolisian, maupun Kejari dan Pemerintah Daerah, mendorong mana yang baik dan mencontoh yang baik, hingga kepuasan pelayanan masyarakat bisa terwujud dengan baik dan bisa tercapai di semua Sektor Pelayanan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat kami memberikan dukungan Selamat atas Deklarasinya,” Pungkas Bupati Popo.

Dilanjutkan Penanganan Panen Jagung di sekitar perkantoran pertanahan Kabupaten OKU Selatan.(Yuni)