Bupati OKU Selatan Sosialisasi Perluasan Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji 

oleh -766 Dilihat
Tiga Dihaji.OKU POS.Com – Dalam rangka perluasan pembangunan bendungan Tiga dihaji, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan perlu memberikan penjelasan dan sosialisasi kepada masyarakat yang lahannya terkena proyek Nasional tersebut.
Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B.Comerrce, hadiri langsung pada acara sosialisasi dalam rangka Pengadaan Perluasan Pembangunan dan Bendungan Tiga Dihaji di Desa Suka Bumi Kecamatan Tiga Dihaji, bertempat di Aula Kantor Camat Tiga Dihaji, Kamis (18/06/2020).
Dalam laporan Ketua Pelaksana Hermansyah Said, S.Ip.menjelaskan, ” Dasar kegiatan sosialisasi ini dari Surat Keputusan Bupati OKU Selatan Nomor: 302/KPTS/DPMPTSP/TPPT.II/V/2020 tentang pembentukan tim persiapan pengadaan tanah, untuk perluasan pembangunan bendungan Tiga Dihaji seluas +- 334,62 Hektar, yang terletak di Kecamatan Tiga Dihaji dan Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, ” Jelas Hermansyah.
Adapun tugas tim dalam kegiatan ini, berdasarkan peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 Pasal 10, menyebut :
1.Melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan.
2.Melaksanakan pendataan awal lokasi rencana pembangunan.
3.Melaksanakan konsultasi publik rencana pembangunan dan menyiapkan penetapan lokasi.
4.Mengumumkan penetapan lokasi pembangunan serta melaksanakan tugas lain yang terkait persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum yang ditugaskan oleh Gubernur.
Tahapan kegiatan pembangunan bendungan melalui pengadaan tanah yang di awali kegiatan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Letak dan luas tanah area yang dibutuhkan untuk Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji terletak di Kecamatan Tiga Dihaji (Desa Sukabumi) dan Kecamatan Mekakau Ilir (Desa Pere’an dan Selabung Belimbing Jaya).
Luas tanah yang dibutuhkan 334,62 Ha.
Ketua Pelaksana berharap, ” Seluruh tim persiapan memahami apa yang harus dilakukan, dan bersinergi aktif dalam koordinasi, sehingga seluruh tujuan yang ada dalam Surat Keputusan Bupati OKU Selatan berjalan dengan baik, ” Katanya.
Disampaikan Popo, ” Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji direncanakan berfungsi sebagai bendungan serba guna, dalam upaya terselengaranya kegiatan konservasi, pemenuhan kebutuhan air baku, irigasi dan pengendalian banjir serta sarana lainnya. Upaya kegiatan dimaksud merupakan tugas pemerintah pusat dalam hal ini BBWSS VIII, ” Ungkap Popo.
” Popo Ali, berharap agar semua pihak mendukung proyek berskala Nasional ini, dan jika saat nya nanti bendungan Tiga Dihaji tersebut akan menjadikan masyarakat OKU Selatan lebih sejahtera, ” Tutupnya.
Turut hadir dalam kesempatan ini Asisten I , Asisten II sebagai Ketua Tim, Kepala BPN, BBWSS VIII, Kadin PMPTSP, Kadin Perkim, Kadin PUTR, Kadin LH, Kadin Pertanian, Kadishub, Kadin Sat Pol PP, Kabag Hukum, Kasi Datun Kajari, Kepala UPTD KPH Wilayah VII Mekakau Saka, Camat Tiga Dihaji, Camat Mekakau Ilir, Kades Sukabumi, Kades Pere’an, Kades Selabung Belimbing Jaya serta Masyarakat yang Desa Suka Bumi dan Undangan Lainnya.(Yuni)
BACA JUGA  Bupati OKU Menyerahkan Bantuan Langsung Tunai BLT -DD Kepada Masyarakat Kecamatan Baturaja Timur

No More Posts Available.

No more pages to load.