Bupati Popo Ali Buka Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten OKU Selatan

oleh -1320 Dilihat
Muaradua .OKU POS.Com – Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Seleksi Tilawatil Qur’an memiliki kebijakan yang diatur oleh Menteri Agama, yaitu Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2019 tentang Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Seleksi Tilawatil Qur’an. Musabaqah Tilawatil Qur’an yang dikenal dengan singkatan MTQ adalah perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah al- Qur’an, dan hafalan al-Hadits. Seleksi Tilawatil Qur’an atau disingkat STQ adalah perlombaan yang melombakan sebagian cabang MTQ.
Tujuan MTQ dan STQ adalah untuk memelihara, mengembangkan, dan/atau meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan/atau penyebarluasan al-Qur’an dan al-Hadits; dan menjadikan al-Qur’an dan al-Hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama.
.
Untuk memenuhi tujuan tersebut Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menggelar Seleksi Tilawatil Quran walau pun dalam Suasana Pandemi Covid-19, serta semua kegiatan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan.
.
Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) tak menyurutkan semangat Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan mensyiarkan Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten OKU Selatan yang resmi dibuka oleh Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B. Com., Senin (15/03/2021) malam.
.
Bahkan, melalui lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Qori-Qoriah yang mewakili masing-masing kafilah ini diharapkan dapat menjadi ikhtiar dalam menghilangkan pandemi COVID-19 baik di Kabupaten OKU Selatan maupun di berbagai tempat lainnya.
.
“Dan semoga dengan terselenggaranya STQ ini, Allah SWT menurunkan berkahnya kepada kita semua, sehingga Kabupaten OKU Selatan menjadi Kabupaten yang aman, damai, sejahtera dan senantiasa dalam lindungan dan ridho Allah,” Ucap Bupati Popo saat pembukaan STQ OKU Selatan tahun 2021 di Masjid Agung Al-Muhtadin, Muaradua.
Menurutnya, terselenggaranya STQ ini patut disyukuri karena masih bisa digelar di tengah pandemi COVID-19. Dia juga tak lupa mengingatkan agar baik panitia penyelenggara maupun peserta dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai rangkaian kegiatan agar terhindar dari penularan virus Corona.
.
Lebih lanjut, Bupati Popo menuturkan, prestasi dalam penyelenggaraan STQ ini memang sangat penting. Namun, lanjutnya, yang lebih penting dalam kegiatan ini adalah mensyiarkan dan dakwah tentang Al-Qur’an serta membumikan Al-Quran hingga menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dan pegangan hidup yang hakiki.
.
“Tentu harapan kita bersama peserta terbaik dari hasil seleksi ini akan mendapat prestasi terbaik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional yang akan mengangkat harkat dan martabat Kabupaten OKU Selatan. Untuk peserta sekalian, selamat ikutilah seleksi ini dengan baik dan junjung tinggi sportifitas,” ujarnya.
“Jadikan momen ini sebagai tolak ukur untuk menguji kemampuan dan sebagai motivasi ke depan. Kepada dewan hakim, selamat menjalankan tugas, saya yakin dan percaya bahwa saudara adalah dewan hakim yang profesional di bidangnya,” Pungkasnya. (Yuni)
BACA JUGA  JADI TUAN RUMAH PORPROV 2021, BUPATI OKU SELATAN POPO ALI MARTOPO TINJAU KESIAPAN BEBERAPA LOKASI

No More Posts Available.

No more pages to load.