Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Tahun 2021, Polres OKU Selatan Gelar Apel Gabungan Pasukan

oleh -405 views

Muaradua.OKU POS.Com – Kepolisian Resor OKU Selatan menggelar Apel Gabungan pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di halaman Mapolres OKU Selatan, Kamis (25/02/2021) pagi. Kegiatan yang berlangsung mulai Pukul 08.00 WIB dihadiri oleh Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S.I.K selaku Pimpinan Apel beserta jajarannya, Plh Bupati OKU Selatan H.Romzi, SE, Pabung TNI 0403 OKU Mayor CZI Agus Supriadi, Kepala BNPB OKU Selatan Doni Agusta, SKM., MM, Kasatpol PP OKU Selatan Zainal Bahri, SE, Kadishub OKU Selatan Amroelian Thoni, STTP, Kadin Kesehatan OKU Selatan dr. Merry Astuti dan PJU dan Anggota Polres OKU Selatan.

Dalam amanatnya, Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S.I.K mengatakan, dalam rangka menghadapi bencana alam di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten OKU Selatan, kesiapan Polri bersama TNI dan Stakeholder lainnya untuk menghadapi bencana alam di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

.

Kapolres OKU Selatan, AKBP Zulkarnain Harahap mengingatkan bahwa tak lama lagi kita akan segera memasuki musim kemarau yang rentan menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Atas hal ini dia menegaskan bahwa perlu ada pencegahan dan penanganan yang serius dari seluruh komponen masyarakat dan aparatur pemerintahan di Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA  Wabub OKU Selatan Gelar Safari Ramadan 1440 H di Desa Sukamarga

.

Hal ini sebagai bentuk tanggungjawab dan tugas dalam menghadapi masalah ini.

“Melalui apel ini, kita mengingatkan baik masyarakat dan aparatur pemerintahan untuk siap dan siaga dalam menghadapi bahaya dan dampak dari karhutla ini,” Ucapnya.

Lanjut Kapolres, dia mengajak untuk bersama menyamakan langkah serta tekad untuk saling bahu-membahu menanggulangi berbagai ancaman bencana yang mungkin akan terjadi di Bumi Serasan Seandanan.

.

“Penanggulangan karhutla memerlukan pemikiran yang matang untuk dapat menentukan langkah yang cepat dan tepat. Untuk itu, selain langkah yang tepat dan cepat ini Polri bersama stakeholder dan masyarakat akan dilibatkan dalam penanggulangan ini,” jelasnya seraya berharap agar upaya-upaya ini dapat berhasil dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

.

Kapolres OKU Selatan melanjutkan, apel gelar pasukan kesiapsiagaan ini menjadi manifestasi kesiapan Pemerintah Daerah, TNI, Polri maupun instansi terkait sebagai bentuk penguat konsolidasi di semua lini dan menjadi bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat dalam penanggulangan bencana alam di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA  Gubernur SumSel Gelar Rapat Bersama Bupati OKU Selatan Melalui Vidcom Bahas Masalah Bencana Banjir dan Tanah Longsor

.

“Dalam rangka menghadapi bencana alam kita harus menyadari bahwa peralatan dan sarana prasarana pendukung yang dimiliki oleh masing-masing Instansi sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu adanya partisipasi dan kerja sama koordinasi yang baik dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan serta Satgas penanggulangan bencana alam sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya,” ucapnya.

.

“Satgas bersama peralatan siap digerakkan sewaktu-waktu ketika musibah bencana alam itu terjadi dan dalam pelaksanaan bertindak sebagai Leading sektor adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang ada di Kabupaten OKU Selatan,” tegasnya.

“Dengan digelarnya apel kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2021 ini merupakan tanda bahwa kita siap hadapi berbagai kemungkinan bencana alam yang bisa terjadi di wilayah Kabupaten OKU Selatan,” pungkasnya. (Yuni)