Danau Ranau Merupakan Potensi Besar  Objek Wisata di Kabupaten OKU Selatan

oleh -1,672 views
Muaradua.OKU POS.Com – Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak  dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.
Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, pengalaman baru dan berbeda lainnya.
.
Banyak negara bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
.
Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi salah satu potensi andalan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Salah satu objek wisata yang menjadi primadona di Bumi Serasan Seandanan ini adalah Objek Wisata Danau Ranau.
.
Untuk memaksimalkan potensi ini, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan menggelar rapat Koordinasi pengelolan Destinasi Wisata Danau Ranau.
.
Sebagaimana diketahui, objek wisata yang masuk dalam wilayah tiga kecamatan (Kecamatan Banding Agung, Warkuk Ranau Selatan dan BPR Ranau Tengah) menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat di sekitar Danau Ranau.
.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan, Darmawan, SE., MM mengungkapkan, rapat koordinasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait pengelolaan di areal Danau Ranau. Dengan begitu diharapkan hal ini dapat mengoptimalkan penyerapan pendapatan baik untuk daerah maupun bagi pelaku ekonomi di sekitar Danau Ranau.
.
“Ini adalah suatu bentuk kerjasama agar destinasi wisata di Danau Ranau lebih baik lagi,” Ujar Darmawan.
.
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan juga berharap agar desa-desa yang ada di sekitar Danau Ranau ini juga dapat berkontribusi terhadap pariwisata.
.
Ditambahkan Kepala Bapenda Kabupaten OKU Selatan, Drs Linkulin, M.M., bahwa kontribusi desa yang ada di sekitar Danau Ranau ini menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan pariwisata ini. Dikatakannya, kontribusi ini bisa dengan membentuk BUMDes.
.
“Penglola Danau Ranau agar dibentuk BUMDes untuk menganti resterebusi parkir restribusi pajak, agar tidak ada lagi oknum-oknum yang tidak bertangungjawab lagi,” Tutupnya.
Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi aksi pungli di Kabupaten OKU Selatan. (Yuni)
BACA JUGA  Gelar Lomba Rebana Pemerintah OKU Selatan Lestarikan Nilai Dan Budaya Islam

No More Posts Available.

No more pages to load.