Datangi Kajari OKU, Ratusan Massa Gabungan Ormas dan LSM Laporkan PT Semen Baturaja

oleh -6,808 views

Baturaja.OKU POS.Com – Ratusan massa gabungan yang terdiri dari Ormas dan LSM Sebimbing Sekundang di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Kota Baturaja, Rabu (13/3/19). Dengan maksud dan tujuan, menyampaikan aspirasi kepada pihak Kejaksaan Negeri agar segera memeriksa dugaan Korupsi di tubuh Perusahaan raksasa PT Semen Baturaja atau SMBR.

Dalam orasinya, koordinator massa Noven Ramadhan, Zein dan Toni yang masing-masing ketua dari Ormas dan LSM yang ikut turun dalam aksi beserta kawan-kawan menyatakan sikap, 1.Agar kiranya pihak Kejaksaan Negeri OKU segera melakukan langkah-langkah penyelidikan hukum terkait adanya laporan pengaduan awal penemuan indikasi dugaan pelanggaran terhadap undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 3 huruf (B) “menjamin kesepakatan kesehatan dan kehidupan manusia” dan pasal 98 ayat (1).

BACA JUGA  Desa Cantik Dimulai Pada Bulan Februari Tahun 2021 Terpilih 100 Desa Di Seluruh Indonesia, Termasuk Salah Satunya Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja

2. Membentuk tim pencari fakta untuk melakukan penyelidikan sesuai dengan kewenangannya, 3.Menerapkan hukum sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan dengan tetap konsisten terhadap setiap orang yang patut diduga melakukan perbuatan melawan hukum, 4.Segera memanggil dan memeriksa Direksi PTSB dan pihak yang terkait.

“Korupsi sudah fakta dan tidak mungkin akan habis di Negara Republik Indonesia namun kejahatan korupsi bisa ditekan dengan hati nurani. Selain itu, peran serta masyarakat adalah peran aktif yang dilakukan secara perseorangan, Organisasi masyarakat (Ormas) dan LSM dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi dengan menggunakan hak dan tanggung jawab yang pelaksanaan nya dijamin peraturan perundang-undangan ,”kata Noven dan kawan-kawan.

BACA JUGA  Pemerintah Desa Ruos Salurkan Dana BLT DD Kepada Warganya

Untuk itu, Sambung dia, kami forum LSM dan Ormas Sebimbing Sekundang menyikapi adanya dugaan/patut diduga terjadi tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan Negara terkait reklamasi pasca tambang dan pencemaran udara, sesuai undang-undang nomor 32 tahun 2009 ,”ungkap Noven.

Setelah kurang lebih 1 jam ber orasi, akhirnya massa disambut pihak Kejaksaan Negeri Baturaja melalui Abu Nawas selaku Kasi Intel yang menerima langsung berkas laporan pengaduan dari massa. Dihadapan ratusan massa Abu Nawas menyampaikan akan siap menindak lanjuti keluhan massa terkait adanya dugaan Korupsi seperti yang disampaikan ,”Terkecuali untuk debu itu bukan rana kami ,”terang Abu Nawas. (RMW)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.