Desa Belatung Di Percaya Penyelenggara KB Gratis Tingkat Kecamatan

oleh -788 Dilihat

Belatung.Deteksi news — Pengertian KB (keluarga berencana) menurut UU No. 10 tahun 1992 (tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera), adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

 


KB merupakan program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Perlu kamu ketahui, Gerakan Keluarga Berencana Nasional Indonesia telah dianggap masyarakat dunia sebagai program yang berhasil menurunkan angka kelahiran yang bermakna.
.
Perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan dapat kamu lakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran. Contohnya seperti pil KB, kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.
.
Keluarga Berencana (KB) merupakan upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.


Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta meningkatkan kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk Indonesia.
.
Bertempat di posyandu Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU, pelayanan KB gratis di hadiri langsung oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten OKU Hj Zwesti Karenia Teddy beserta rombongan dari TP PKK Kabupaten OKU.
.
Hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten OKU, Kepala DPPKB ( Dinas Pengendali Penduduk dan Keluarga Berencana ), Kabupaten OKU, Camat Lubuk Batang, Danramil, Kapolsek masing-masing diwakili, Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Batang, Bidan desa dan petugas KB.

BACA JUGA  Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir SP,M SI Pimpin Upacara HUT Kementerian Agama Ke 75 Tahun 


Pelando, S IP Kepala Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang dalam sambutannya, selain ucapan terimakasih kepada DPPKB ( Dinas Pengendali Penduduk dan Keluarga Berencana ), Kabupaten OKU yang telah mempercayai desanya yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan pelayanan KB gratis tingkat Kecamatan. Terlebih Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten OKU ini juga mengucapkan terimakasih kepada TP PKK OKU yang telah hadir dan memberikan pengarahan pentingnya ber KB terutama bagi usia subur.


Sementara itu, Camat Lubuk Batang Emharis Putra, SH dalam sambutanya mengajak kepada semua masyarakat di Kecamatan Belatung agar ikut serta mendukung program pemerintah dalam ber KB demi kesehatan ibu dan anak.
.
Sementara Itu, Bupati OKU dalam pelaksanaan KB gratis yang di sampaikan oleh Kepala DPPKB ( Dinas Pengendali Penduduk dan Keluarga Berencana ), Kabupaten OKU H. Absan, SE, MM dalam sambutanya mengatakan bahwasannya pemerintah selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya. Salah satu program pemerintah adalah mengatur angka kelahiran, sehingga dengan diaturnya angka kelahiran tersebut selain menjaga jarak kelahiran dan menjaga kesehatan ibu dan anak dan di harapkan dengan ber KB tersebut tentu akan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

BACA JUGA  Jajaran Personil Gabungan Polres OKU, OKU Selatan, dan OKU Timur Gelar Apel Pengamanan SRGF 


” Maka dari itu di himbau untuk masyarakat Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU agar bersama sama dan di tuntut kesadarannya untuk mensukseskan program pemerintah dalam ber KB demi terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera “, ujar H. Absan.
.
Sementara itu, Ketua TP KK Kabupaten OKU Hj. Zwesti Kerenia Teddy dalam sambutannya mengatakan untuk kesehatan ibu dan anak kita selau menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat, diantaranya adalah keikutsertaan ibu-ibu usia subur untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah dalam ber KB dengan keikutsertaan kita dalam program ini berarti kita sudah menjadi masyarakat yang baik tentu demi kesehatan ibu dan anak. Dengan di atur nya angka kelahiran bukan berarti ada pembatasan tapi dengan diatur nya angka kelahiran tersebut kita dapat menjaga kesehatan baik itu untuk ibu terlebih untuk anak yang di lakukan, ayo ber KB “, ujar Ketua TP PKK OKU mengakhiri sambutannya.


Ada lebih ratusan peserta KB yang mengikuti program KB Gratis perdana di gelar Pemerintah Kabupaten OKU, melalui DPPKB OKU Paska Covid- 19 terlihat begitu antusiasnya masyarakat yang hadir dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Lubuk Batang yang hadir mengikuti program KB gratis tersebut. (Yuni)

Penulis : Sri wahyuningsih

No More Posts Available.

No more pages to load.