Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten OKU Sukses Gelar Paripurna Istimewa HUT Kabupaten OKU Ke – 110

oleh -536 views

Baturaja.OKU POS.Com – Kabupaten Ogan Komering Ulu salah satu Kabupaten tertua di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten OKU yang berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang dengan ibukotanya Baturaja kini berusia 110.

Di usia lebih dari satu abat tidak sedikit prestasi yang di raih, begitu pun tokoh-tokoh Nasional naik tokoh Politik, TNI, Polri Cendekiawan, tokoh agama dan tokoh Pemuda yang lahir dan berasal dari Kabupaten OKU.

.

Di Usia Ke 110 ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggelar sidang rapat terbuka untuk umum Paripurna Istimewa I Masa Persidangan Ke- 3, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten OKU yang ke-110 tahun 2020, dengan mengangkat tema “Dalam Kehidupan New Normal Mari Kita Wujudkan OKU Maju dan Sejahtera”. Sidang digelar bertempat di ruang rapat paripurna DPRD OKU, Rabu (29/07/20).

Sidang dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri didampingi wakil Ketua I Yudi Purna Nugraha,SH., dan Wakil Ketua II Yoni Risdianto,SH., dihadiri Bupati OKU Drs.H Kuryana Azis bersama wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar, SH.MM., Dandim 0403/OKU, Kapolres OKU, Kajari OKU, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama, Sekda, Sekwan, Staf Ahli, dan para Asisten Setda OKU.

.

Selain itu juga tampak hadir Ketua Tim penggerak PKK OKU Hj. Badiar Dewi Kuryana dan wakil Ketua Tim Penggerak PKK OKU Hj. Heny Johan Anuar, ST., Ketua KPUD OKU dan Ketua Bawaslu OKU, Kepala TVRI Stasiun Palembang, Pimpinan BUMN/ BUMD, Pimpinan Perguruan Tinggi se-OKU, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri menyampaikan, “Jika peringatan Hari Jadi Kabupaten OKU tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel dan dimeriahkan dengan berbagai event dan kegiatan seremonial lainnya, disertai pesta rakyat dengan melibatkan masyarakat OKU langsung. Namun karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, HUT OKU tahun ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap berpedoman protokol kesehatan,”Ungkap Marjito.

“Melalui kesempatan ini, izinkan kami atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD OKU menyampaikan ucapan terimakasih kepada saudara Bupati dan wakil Bupati, beserta unsur Forkompinda dan seluruh undangan lainnya yang berkesempatan hadir dan yang menyaksikan acara ini secara virtual melalui aplikasi zoom meeting di kantor masing-masing ,”Ujar Marjito Bachri.

BACA JUGA  Peletakkan Batu Pertama Oleh Bupati OKU Selatan Untuk Pembangunan Masjid Al Ikhlas 

.

Dikatakannya, “Adapun arti dari tema Hari Jadi Kabupaten OKU tahun 2020 “Dalam Kehidupan New Normal Mari Kita Wujudkan OKU Maju dan Sejahtera”, mengandung makna cita-cita dan harapan semua masyarakat OKU, yang selaras dengan rasa cinta dan bangga terhadap suatu daerah dan juga agar terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap, terwujud dalam tingkah laku setiap pribadi masyarakat OKU yang pada akhirnya termanifestasi dalam kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, sesuai potensi dan profesi masing-masing hingga menjelma menjadi implementasi dalam karya dan kerja nyata,”Jelasnya.

“Oleh karenanya, pada kesempatan yang istimewa ini, sebagai generasi penerus kita haturkan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala jasa yang telah di persembahkan oleh para pendahulu kita, dengan tulus dan ikhlas mempersembahkan karya terbaik nya untuk Bumi Sebimbing Sekundang yang kita cintai ini. Kami berharap kepada seluruh komponen masyarakat OKU untuk bersama-sama menyatukan visi dan misi, guna membangun daerah yang lebih cerdas, sehat beriman, adil dan makmur dimasa yang akan datang ,”Terang Marjito Bachri.

.

Sementara itu, Bupati OKU Drs.H.Kuryana Azis dalam sambutannya menyampaikan, peringatan hari jadi Kabupaten OKU diusianya yang ke-110 tahun 2020 memiliki keistimewaan tersendiri karena digelar ditengah pandemi Covid-19 dan semakin memantapkan langkah daerah untuk maju, dengan bersinergi bersama semua pihak baik itu pihak yudikatif, eksekutif, dan legislatif, tentunya bersama semua elemen masyarakat sesuai tema HUT OKU yang ada.

“Sehubungan hari ini, tepat di hari jadi Kabupaten OKU yang ke-110 mari kita syukuri atas nama pemerintah Kabupaten OKU beserta peran serta semua masyarakat, marilah kita bersyukur dengan apa yang telah ada sekarang dan apa yang telah diperbuat pada tahun-tahun yang lalu kita syukuri. Dan Insya Allah kedepan kita semua akan lebih bersinergi, berkomitmen untuk tetap meningkatkan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Baik itu berupa pembangunan dan hal penting lainnya disegala bidang, semoga akan terwujud dengan segala daya dan upaya akan lebih baik lagi dari sebelumnya ,”Papar Bupati.

BACA JUGA  Gebrak Masker Di Hari Kemerdekaan "Maskerku Melindungimu, Maskermu Melindungiku", Ketua TP PKK OKU Selatan Bagikan 10 Ribu Masker

Lebih dalam disampaikan Kuryana Azis, untuk prestasi OKU sendiri yang ada dalam beberapa tahun belakangan ini bukan milik siapapun, termasuk dirinya selaku Bupati OKU. Melainkan milik semua pihak, termasuk milik DPRD, Instansi-instansi, para SKPD, para tokoh dan semua pihak yang ada tanpa terkecuali, khususnya prestasi OKU milik semua pihak dan elemen masyarakat OKU.

.

“Kita tidak usah membangga-banggakan tentang hasil prestasi pencapaian yang ada selama ini, karena itu semua tidak akan terjadi bila tidak ada peran dari pihak lain. Termasuk yang paling utama peran serta masyarakat OKU sendiri, jadi semua pencapaian prestasi yang ada sekarang milik semua pihak. Dan Insya Allah semua prestasi dalam bentuk apapun bisa terus kita dapatkan karena kita semua bersinergi dengan masyarakat. Inilah bukti nyata hasil kemitraan antara pemerintah Kabupaten dan DPRD kabupaten OKU, yang didukung semua elemen komunitas lokal dalam menyatukan seluruh aspek politik ekonomi dan sosial budaya yang tertuang dalam kebijakan daerah yang pada akhirnya bermuara pada komitmen dan tekad membangun Kabupaten OKU terus menuju OKU maju,”Tuturnya.

Sementara Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, SH, MM., dalam sambutannya mengucapkan Selamat HUT Ke-110 Kabupaten OKU. Pada HUT Ke-110 ini telah banyak hasil pembangunan yang dicapai, terbukti dengan pembangunan bidang infrastruktur semenjak 3 tahun terakhir ini.

.

Menurut Herman Deru, pada HUT Ke-110 ini Kabupaten OKU tetap mengedepankan pembangunan dengan kearifan lokal, memberdayakan masyarakat sehingga budaya lokal tidak tergerus dengan kemajuan zaman dan teknologi.

.

Disisi lain, Herman Deru menyampaikan ditengah pandemi Covid-19, dirinya selaku Gubernur memberikan apresiasi serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi disiplin protokol kesehatan, sehingga tingkat kesembuhan dapat meningkat dan ini sebagai bukti penanganan Covid-19 Kabupaten OKU sangat baik.

Selain itu, Gubernur Sumsel juga menghimbau seluruh masyarakat OKU untuk bersama-sama menjadi pemilih cerdas dalam Pilkada Bupati dan wakil Bupati OKU yang sebentar lagi bakal dimulai, dengan tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang bisa merusak keamanan dan kenyamanan bersama untuk menentukan pilihan melalui hati nurani dalam pesta demokrasi pada Desember mendatang.(Yuni/ADVETORIAL)