FAKTA: Ternyata Biji Mahoni bisa obati sakit gigi

oleh -1.264 views

Muaradua.OKU POS.Com – Luar biasa suatu fakta yang mengejutkan yang saya alami, Kamis (04-06-2020) sepulang kerja beraktifitas di pemkab OKU Selatan, tiba-tiba saya mengalami gigi saya sakit yang diakibatkan oleh gusi bengkak karena bolong pada gigi, bukan main rasanya semua salah dan gigi semakin menyut sakit.

Ketika saya sedang mengalami sakit tersebut, tiba-tiba datang ke kediaman saya sdr. Ferry h beserta istrinya, melihat saya sedang meringis kesakitan, lalu bung Ferry h memberikan satu buah biji yang disebutnya “Biji buah mahoni” sambil menyarankann ” Coba kamu kunyahkan biji buah mahoni ini, lalu kumurkan sama air di posisi gigi yang sakit, lalu baru kamu telan “, Katanya.

Karena tidak bisa menahan sakit yang saya alami, lalu saya ambil biji yang di tawarkan bung Ferry dan saya turuti anjurannya, bukan main pahitnya, tapi sekira 5 menit berlalu sakit gigi yang saya alami hilang sepontan dan saya pun kembali merasa senang.

Dari pengalaman ini saya ingin berbagi, lalu saya tanyakan prihal biji mahoni tersebut kepada bung Ferry h terkait biji-bijian yang ternyata dapat menjadi obat ampuh untuk penderita sakit gigi.

” Biji buah mahoni ini mudah di dapat, saya lihat sekarang ini banyak pohon mahoni di sekitar perkantoran Pemkab OKU Selatan, biji mahoni biasanya banyak di sekitaran bawah batang mahoni tersebut, bentuknya pipih panjang sekitar sejari, berwarna coklat, bentuk buah mahoni mirip seperti buah kemang/binjai, bisa kita lihat di ujung dahan batang banyak buah yang menunjang keatas, buah mahoni inipun dinamakan buah tunjang langit, ketika buah sudah tua kulitnya berwarna coklat tua atau coklat agak keputihan, buah ini akan meletek membuka dan bijinya akan terlepas dari cangkang buah berjatuhan, ada juga yg terbawa angin jatuh agak jauh dari batang karena bentuk biji yang pipih. Dibagian pangkal biji yang berbentuk pipih dan panjang sejari ada sebentukan yang tebal, nah di dalam nya berisi biji putih seperti biji buah sawo, biji itulah yang kita kunyahkan untuk mengobati sakit gigi “, Jelas bung ferry h kepada OKU POS.Com

BACA JUGA  Tragis, Diduga Alami Kejiwaan Anak di Lengkiti Tega Sembelih Ibu Kandung

Masih seputar manfaat biji buah mahoni, didalam kandungan biji mahoni ada beberapa zat aktif yang dapat berguna bagi kesehatan, seperti:

1.Flavonoid adalah senyawa fenolik yang mengandung banyak pigmen tanaman, Flavonoid bermanfaat bagi manusia terutama karena merupakan antioksidan yang dapat memusnahkan radikal bebas dan racun serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Enzim antioksidan dalam kandungan biji mahoni efektif untuk memerangi berbagai penyakit yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh oksidasi, seperti penumpukan lemak jahat (LDL), tekanan darah tinggi dan masalah jantung.
2. Saponin adalah glukosa yang membentuk busa sabun jika dicampurkan dengan air. Ini merupakan sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan diketahui memiliki sifat hipoglikemik bila dikonsumsi secara oral. Saponin juga dapat kita temukan dalam ginseng, namun kandungan saponin pada biji mahoni lebih tinggi. Saponin berfungsi untuk mengobati diabetes melitus, efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetes generik, terutama metformin.
3. Alkaloid Salah satu manfaat terbesar pada biji mahoni terdapat pada kandungan alkaloid. Hal ini telah dibuktikan bahwa sebagian besar penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh terlalu rendah.

BACA JUGA  Pemerintah Desa Ruos Salurkan Dana BLT DD Kepada Warganya

” Segala sesuatu yang mencemari tubuh seperti racun dan radikal bebas merupakan asam alami. Kandungan alkaloid efektif untuk detoksifikasi dan mencegah oksidasi pada tubuh karena tubuh kita menjadi basa. Keadaan basa pada tubuh dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker “, Tutupnya mengakhiri perbincangan.(Yuni)