Gelar Apel Siaga Karhutla, Bupati OKU Minta Semua Pihak Waspada

oleh -5.278 views

Baturaja.OKUPOS.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melaksanakan giat Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), bertempat di halaman Pemkab OKU (Kamis, 25/07/2019). Apel siaga yang dipimpin langsung Bupati OKU Drs H Kuryana Azis ini, diikuti peserta terdiri dari TNI, Polri, Damkar, BPBD, dan seluruh relawan.

Hadir dalam kegiatan ini, Komandan Kodim 0403/OKU Letkol. Arm. Agung Widodo, Kajari OKU Bayu Pramesti, SH, Ketua Pengadilan Agama OKU Iksan, Kapolres OKU diwakili Kabag Ops Polres OKU Kompol, Ginting, Para Asisten dan Para Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Perwakilan BUMN dan BUMD,  Danramil, Kapolsek,  Camat, Lurah dan Kepala Desa, Tim Satgas Karhutla serta elemen masyarakat dan undangan lainnya.

BACA JUGA  Pemkab OKU Selatan Gelar Apel Bersama Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Dalam sambutannya, Bupati OKU menyampaikan bahwasanya Satgas kebakaran hutan dan lahan yang dibentuk bertujuan untuk menyatukan langkah kesiap siagaan, dan tindakan antisipasi bencana kebakaran hutan lahan dan semak belukar di daerah Kabupaten OKU. Dengan diadakannya apel kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini, Bupati berharap agar masyarakat OKU bisa terhindar dari musibah kebakaran hutan dan lahan.

“Untuk kita ketahui bersama, 3 tahun terakhir tidak pernah terjadi peristiwa yang berdampak luas. Dengan kondisi seperti ini tentunya patut kita syukuri, sebab ini merupakan bukti nyata kebersamaan sinergitas sikap cepat tanggap dari semua elemen Pemerintahan, TNI Polri bersama masyarakat ,”ungkap Kuryana.

BACA JUGA  Waka Polres OKU Selatan Cek Anggota Polsek Simpang Martapura dan Ruang Tahanan

Lebih dalam disampaikannya, Bupati berharap kepada masyarakat untuk ikut memelihara kebersihan lingkungan dari semua gangguan polusi udara, berupa asap yang dapat mengganggu cuaca dan iklim dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

“Untuk itu melalui Apel Gabungan peningkatan kesiapsiagaan pasukan Satgas hari ini agar selalu waspada dan siaga bencana karhutla. Sebab pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak akan berhasil secara efektif dan optimal tanpa komitmen yang kuat dari semua pihak. Saya juga mengimbau disetiap Desa atau Kelurahan perlu dibentuk kelompok masyarakat pengendali karhutla yang terlatih agar mampu mengatasi kebakaran di wilayahnya masing – masing ,”tukas Bupati OKU. (RMW)

No More Posts Available.

No more pages to load.