Hadir Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka Hari Jadi Ke – 17 Tahun, Gubernur Puji Suksesnya Kabupaten OKU Selatan

oleh -466 views
Muaradua.OKU POS.Com – Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Merupakan hasil pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ulu yang diresmikan dengan UU No.37 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003. Kabupaten ini diresmikan pada 16 Januari 2004 di Muara Dua, ibu kota kabupaten OKU Selatan.
Didasari dengan dikeluarkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999, sebagaimana telah diganti dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah membawa perubahan besar dalam sistem politik dan pemerintahan di Indonesia. Salah satu perubahan yang paling mendasar yang dibawa undang-undang tersebut adalah pemberian otonomi yang luas kepada daerah di Indonesia. Hal ini yang mendorong daerah untuk mengembangkan diri menjadi daerah otonom yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.
.
Salah satu daerah yang mengikuti trend dan berhasil mengembangkan diri menjadi daerah otonom (kabupaten) adalah Ogan Komering Ulu Selatan. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sebelumnya adalah termasuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Proses dan setelah terbentuknya daerah otonom yang dimaksud dalam Undang-undang Pemerintahan Daerah tentu saja membawa perubahan besar, dalam sistem pemerintahan dan perpolitikan daerah disamping meninggalkan sejarah tersendiri.
.
Perubahan sistem tersebut juga menimbulkan permasalahan baru dalam pelaksanaannya. Mencoba menelaah dan menganalisis perubahan sistem pemerintahan dan perkembangan politik di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sebelum dan sesudah terbentuknya Kabupaten itu sendiri, serta permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala pelaksanaannya. Hal ini dianggap penting karena perubahan-perubahan tersebut membawa perubahan besar dalam kehidupan sosial masyarakat.
Seiring dengan perjalanan waktu, derap langkah yang di pacu, kini Kabupaten OKU Selatan yang berjuluk Bumi Serasan Seadanan ini telah dapat mensejajarkan diri dengan Kabupaten Kota Di Sumatera Selatan.
.
Ukiran prestasi dan pembanguan di berbagai bidang cukup di rasakan oleh masyarakat Kabupaten OKU Selatan yang tersebar di 19 Kecamatan. Kabupaten OKU Selatan yang mendapat anungrah Dari Allah SWT berupa Danau Ranau dan Gunung Seminung nya, menjadi kan Kabupaten ini cepat dan sangat di kenal baik lokal maupun manca negara karena sering di gelar nya berbagai Even bersekala besar.
.
Di Hari jadi yang ke 17 Tahun 2021 Ini, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menggelar Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten OKU Selatan, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ke-17 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021, telah digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten OKU Selatan, Senin (25/01/2021).
Sidang Paripurna yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata, S.E. dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Turut hadir dalam pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa ini, Anggota DPRD Provinsi Sumsel, Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S.I.K, Kejari OKU Selatan, Dandim 0403, Para Perwakilan Bupati di Provinsi Sumatera Selatan,Terkhusus hadir ditengah-tengah Undangan, Perintis Kabupaten OKU Selatan Sekaligus Ketua PPPKOS H. Muhtadin Sera’i beserta istri dan Para OPD, FKPD, Camat serja jajaran Pemda lainnya Ketua TP PKK Kabupaten Sumatera Selatan, Penasihat DWP, Ketua IKATRI dan Anggota, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua DWP dan Anggota, Para Kepala Instansi Vertikal, Kepala  BUMN/BUMD, serta Para Perintis pemekaran Kabupaten OKU Selatan P3KOS dan undangan lainnya.
.
Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan Heri Martadinata, SE Dalam Sambutanya mengatakan, Selamat datang kepada Gubernur Sumatera Selatan dan rombongan yang telah hadir di Kabupaten OKU Selatan, dalam rangka Rapat Paripurna Peringatan Hari jadi Kabuparen OKU Selatan ke 17 Tahun 2021.
Mengawali sambutannya, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo B Comerce mengucapakan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sumatera Selatan H, Herman Deru, SH MM beserta rombongan yang telah khusus datang dalam sidang paripurna istimewa dalam rangka HUT Ke-17 Kabupaten OKU Selatan.
.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada para perintis pemekaran Kabupaten OKU Selatan, jika bukan karena perjuangan dari para perintis ini tidak akan ada Kabupaten OKU Selatan seperti saat ini,”Ujar Bupati.
.
Selanjutnya, “Peringatan hari jadi Ke-17 Kabupaten OKU Selatan tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, HUT OKU Selatan tahun ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Bupati juga berharap kepada seluruh komponen masyarakat OKU Selatan mari kita bersama-sama menyatukan visi dan misi dalam membangun Kabupaten OKU Selatan yang lebih baik di masa yang akan datang, dengan hari jadi Ke-17 Kabupaten OKU Selatan, melalui pengembangan nilai-nilai lokal kita wujudkan OKU Selatan “BERSINAR”, ” Papar Popo.
Sementara itu Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru, SH MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwasannya hari ulang tahun disetiap Kabupaten/kota adalah hal yang sangat berarti bagi dirinya, karena itulah Gubernur berupaya tak mau sekalipun absen saat diundang untuk hadir. Meski baru berusia 17 tahun, Gubernur Sumatera Selatan mengaku sangat bangga dengan perkembangan OKU Selatan baik dari Pembangunan yang terus maju, Sektor Pertanian dan Pariwisata yang semakin berkembang. Di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo, dan Wabup Sholehien Abuasir.
.
“Harus Saya akui, OKU Selatan cepat mensejajarkan diri dengan kabupaten lain, jadi bukan lagi menyusul tapi sudah sejajar dan saya berharap semangat ini tetap terjaga. Semoga OKU Selatan semakin maju dengan segala prestasinya,” Ujar Gubernur.
.
Lebih lanjut dikatakannya, “Ditengah pandemi Covid-19 saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah agar terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran, saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi disiplin protokol kesehatan, sehingga tingkat kesembuhan dapat meningkat dan ini sebagai bukti penanganan Covid-19 Kabupaten OKU Selatan sangat baik,” Harap Gubernur.
Selanjutnya, setelah Sidang Paripurna Istimewa DPRD selesai Gubernur Sumatera Selatan didampingi Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan bersama jajaran, menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah Muaradua guna untuk melaksanakan Peresmian Jalan Umum menuju RSUD Muaradua.
.
Dalam pelaksanaan peresmian Infrastruktur Bupati OKU Selatan menyampaikan, adapun kegiatan pembangunan di OKU Selatan pada Tahun 2019/2020 antaranya Jembatan beton, PDAM, Internet desa, Permukiman dan Irigasi serta yang lainnya. Bupati OKU Selatan mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Provinsi yang telah membantu anggaran untuk kemajuan di OKU Selatan, baik Pembangunan maupun disektor Pertanian dan Pariwisata yang ada di OKU Selatan.
Di sampaikan Gubernur Sumatera Selatan untuk Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, “Bisa membangun pembangunan bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi, yang merata dan  telah mengujudkan pembangunan yang sesuai tujuan kami, memberikan hak ke masyarakat atas pelayanan yang baik dari pemerintah daerah yang selama ini sudah baik dan menyeluruh di OKU Selatan,” Ucap Deru.
.
Di akhir acara Gubernur memberikan penghargaan dibidang pelaku usaha penggiat kopi untuk mengangkat ekonomi kecil khususnya petani kopi. Kopi asli Ulu Danau adalah sebuah karya tangan dingin dari petani asli Ulu Danau yang prihatin dengan keadaan harga kopi yang tak kunjung bersahabat, kondisi inilah yang melatarbelakangi Adi ismul mubaraq putra asli Ulu Danau membentuk sebuah kelompok usaha bersama yang saya beri nama sepakat, artinya kompak, untuk merangkul petani asli uludanau mengolah kopi petik merah biji pilihan varitas robusta untuk diolah sendiri dengan kualitas yang paling istimewa. Sehingga menghasilkan aroma khas dan punya tekstur rasa yang berbeda dengan kopi petik merah lain nya.
 “Alhamdulillah kelompok kami yang saya dirikan dua tahun yang lalu bisa eksis sampai sekarang meskipun hanya memiliki peralatan seadanya mampu mengikuti ajang perhelatan lomba krenova di tingkat Kabupaten OKU selatan Tahun 2021 dan berhasil menyabet juara I, Raihan prestasi bukan berarti kami lantas berpuas diri namun memicu untuk motivasi terus mengembangkan usaha ini tetap konsisten dengan kualitas dan terus meningkatkan produksi dan pemasaran,” Tutup Adi. (Yuni/ADVETORIAL)
BACA JUGA  Pasangan Popo Ali-Sholihien Abuasir Resmi Diusung 13 Partai di Pilkada OKU Selatan