Ini Pesan Wakil Bupati OKU : Satgas Karhutla Harus Tegas Siaga, Masyarakat Di Himbau Untuk Tidak Membakar Hutan dan Lahan 

oleh -473 views
Muara Jaya.OKU POS.Com – Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM., menghadiri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Kecamatan Muara Jaya, bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Camat Muara Jaya, Selasa (22/09/2020).
Kejadian kebakaran hutan dan lahan terjadi setiap tahunnya adalah 90 persen, adalah faktor kesengajaan dan selebihnya dikarenakan oleh faktor alam.
.
Camat Muara Jaya, Dini Justini, S.IP., M.M. melaporkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi Karhutla ini antara lain membentuk tim Satgas tingkat Kecamatan dan relawan desa yang dibantu juga oleh Koramil serta Polsek bersama masyarakat lainnya.
.
Pada awal bulan Juli hingga September tahun 2020 ini terjadi 6 titik api di 3 Desa disebabkan oleh pembukaan lahan dengan cara membakar lahan. Kendala yang dihadapi dilapangan adalah keadaan daerah yang berbukit-bukit yang susah di tempuh.
.
Upaya yang telah dilakukan adalah dengan membuat himbauan, seperti banner, spanduk untuk mengedukasi  masyarakat akibat dampak yang ditimbulkan oleh karhutla.
.
Sementara itu, Kepala BPBD OKU Amzar Kristofa mengatakan pada tahun 2019 yang lalu Provinsi Sumsel penyumbang asap nomor dua, setelah Kalimantan. Seperti diketahui dampak yang ditimbulkan dari Karhutla ini adalah berpengaruh dalam bidang ekonomi yang berimbas juga pada bidang kesehatan.
Dampak yang dirasakan dalam bidang ekonomi antara lain pembatasan operasional penerbangan, baik angkutan darat, dan laut. Sedangkan dalam bidang kesehatan dampak yang ditimbulkan adalah merebaknya penyakit ISPA terdapat 600.000 jiwa dan sekolah juga diliburkan. Kerugian yang ditimbulkan dari Karhutla ini sangat besar dengan kerugian Rp.75 trilyun.
.
Anggota DPRD OKU Umi Hartati mengharapkan pemerintah daerah untuk memperhatikan kesulitan kejadian lokasi Karhutla di perbukitan yang susah dijangkau agar dibantu untuk kendaraan operasional yang dibutuhkan tim Satgas Karhutla.
.
Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM., pada awal sambutannya mengatakan untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda Kabupaten OKU, untuk itulah kita selalu waspada dan mengikuti protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19 ini.
.
Selanjutnya, Wabup menjelaskan kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi adalah akibat kebiasaan lama masyarakat untuk membuka lahan dengan melakukan  pembakaran lahan, kebiasaan ini masih terjadi sampai sekarang ini. Untuk itulah, Satgas Karhutla harus dapat memberikan pemahaman dampak yang ditimbulkan dengan pembakaran hutan dan lahan tersebut.
.
Lebih lanjut, Wabup mengapresiasi atas kesiap siagaan seluruh Satgas di Kecamatan Muara Jaya, dapat mengatasi Karhutla dengan cepat, sehingga dampak yang dirasakan tidak terlalu mengkhawatirkan bagi masyarakat.
.
Pada kesempatan ini, Wabup menginstruksikan kepada camat dan kepala desa untuk mengajak masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2020. Wabup juga menghimbau kepada masyarakat untuk menciptakan suasana yang kondusif pada pelaksanaan Pilkada OKU tahun 2020 ini.
Turut hadir pada acara ini OPD dan Kabag Terkait, Muspika Muara Jaya, Para Kades dan BPD, Satgas dan Relawan Karhutla serta tim pendamping Karhutla.(Yuni)
BACA JUGA  Bupati OKU Selatan Serahkan Bantuan Beras Secara Simbolis Untuk 19 Kecamatan