KALKULASI LOGIS INVESTASI KELAPA

oleh -5.738 views

Baturaja.OKU POS.Com – Di negeri yang punya predikat negeri nyiur melambai (Indonesia). Luasnya kebun kelapa 3,4 juta ha, menyempit yang dulunya 3,6 juta ha. Itupun dominan sekitar 80% berumur 30 tahun ke atas. Artinya produktivitas sudah menurun drastis karena usia. Biaya produksinya juga sudah sangat mahal karena pohonnya pada tinggi. Sehingga menekan laba petani.

Pasar produk turunan kelapa makin dahsyat besarnya. Hingga kita impor gula merah kelapa dari Birma dan Vietnam untuk pabrik industri pangan utamanya kecap. Begitu juga produk turunan lainnya juga masih banyak dan rutin kita impor untuk pabrik pangan ragam sajian nuansa teknologi pangan. Bahkan kelapa muda varietas genjah kita juga masih impor dari Thailand.

Dari data fakta di atas menggambarkan sebuah keadaan bahwa ;

1. Beberapa tahun ke depan jumlah produksi nasional terhadap kelapa akan menurun drastis akibat penyempitan kebun kelapa dan banyaknya pohon tua (afkir).

2. Negara – negara pesaing Indonesia selaku sesama produsen kelapa ternyata lebih jeli dalam menganalisa pasar kelapa global. Misal ; Philipina, Thailand, Birma, Srilangka dan Vietnam.

3. Negara – negara pengolah kelapa dengan teknologi tinggi akan makin menghargai kelapa akibat daya pasok sedikit sebagai bahan baku tapi permintaan industri besar. Misal ; RRC, Malaysia dan Thailand.

Solusi bijak konkretnya adalah melakukan penanam kelapa secara massal agar berkelanjutan lalu predikat negeri nyiur melambai tetap dalam genggaman. Agar cepat buah lalu cepat dapat laba dan cepat kembali modal investasi (ROI) harus menanam yang genjah (30 bulan panen). Dampak lainnya biaya produksi akan makin jauh lebih murah karena pohonnya rendah dan lambat tingginya. Tentu makin kompetitif dan petanipun makin makmur sejahtera, labanya besar.

BACA JUGA  Asisten III Pemkab OKU Selatan Drs.  Herman Azedi, SKM, MM Membuka Forum Gabungan Kemitraan dan Komunikasi Bersama BPJS Kesehatan

Estimasi arus kas investasi kelapa genjah non tanah ;

1. Investasi bibit merawat sd panen, jarak tanam 7×7 meter (220 pohon/ha) x Rp 100.000/pohon =  Rp 22 juta/ha.

2. Omset jika pasarnya kelapa muda ; 220 pohon/ha x 20 butir/tandan x 15 tandan/pohon/tahun x Rp 5.000/butir = Rp 330 juta/ha/tahun.

3. Omsetnya jika jadi gula merah ; 220 pohon x 2 liter/pohon/hari x 350 hari x Rp 5 000 /liter nira = Rp 770 juta/ha/tahun.

Jika goal 80% dari estimasi potensi di atas bisa jadi passive income jangka panjang.

Mari kita menanam dengan tanaman yang productiv

MARI HIJAUKAN BUMI PERTAHANKAN NEGARA INDONESIA SEBAGAI NEGARA NYIUR MELAMBAI

Buah kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Ditambah lagi, buah kelapa juga rendah karbohidrat dan kalori.

BIBIT POHON KELAPA GENJAH ENTOK

Untuk kelapa genjah entok ini sangat menarik dan aneh karena di usia tanam 3 tahun sampe 4 tahun sudah mampu berbuah. Tidak perlu lagi kita memanjatnya untuk memetik buah kelapa ini karena sangat rendah.

BIBIT POHON KELAPA GADING

Kelapa jenis ini paling cepat berbuah dibandingkan pohon kelapa lainnya. Memang dalam jumlah buahnya lebih unggul karena berbuah sangat lebat. Mengenai pohonnya juga tidak memerlukan perawatan yang serius. Kali ini kami akan menawarkan bibit kelapa jenis ini, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dan berkualitas unggul.

BACA JUGA  GUBERNUR SUMSEL APRESIASI JASS 8 OKUS

BIBIT POHON KELAPA WULUNG

Jenis kelapa ini bisa dijadikan obat dan untuk minuman segar perawatan intensif dapat mempercepat pembuahan.

BIBIT POHON KELAPA PANDAN WANGI

Kelapa pandan wangi istimewa karena memiliki air berasa manis dengan aroma pandan. Kelapa pandan wangi mulai berproduksi setelah berumur 3 tahun. Setiap pohon bisa menghasilkan jumlah buah mencapai 50 buah per pohon.

BIBIT POHON KELAPA KOPYOR

Kelapa kopyor sebenarnya merupakan buah abnormal. Kelapa biasa, daging buahnya melekat pada tempurung dan terpisah dari air kelapa. Pada kelapa kopyor, daging buah tidak melekat pada tempurung melainkan tercampur pada air kelapa. Hingga apabila kelapa kopyor diguncang-guncang, maka suara yang ditimbulkannya sangat khas, beda dengan kelapa biasa. Karena daging buahnya tidak melekat pada tempurung, maka selulosa (serat kasar) pada daging buah kelapa kopyor juga tidak terbentuk. Hingga tekstur daging buah kelapa kopyor tetap lunak dan lembut. Karenanya banyak orang yang mengira, bahwa kelapa kopyor adalah kelapa muda. Padahal kelapa kopyor justru dipetik setelah tua.

BIBIT POHON KELAPA HIBRIDA

Kelapa hibrida merupakan salah satu hasil persilangan dari kelapa dalam dan kelapa genjah dengan tujuan untuk mendapatkan varietas benih unggul. Manfaat kelapa sangat banyak di dapat dalam kehidupan sehari-hari mulai dari isi kulit air dan lain-lain. Pada musim saat ini kelapa cukup memiliki harga jual yang tinggi mengigat tingginya harga minyak goreng yang berasal dari bahan dasar kelapa salah satunya adalah kelapa hibrida. (Azam)

No More Posts Available.

No more pages to load.