Kapolres OKU Selatan Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasana Antisipasi Bencana Alam

oleh -616 Dilihat

Muaradua.okupos.com – Apel kesiapan dalam rangka antisipasi bencana alam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2020 dilaksanakan di Polres OKU Selatan, bertempat di Halaman Apel Mapolres OKU Selatan, Senin pagi (09/11/2020).

Pada pelaksanaan Apel tersebut yang menjadi Pimpinan Apel adalah Pjs. Bupati Hj Nora Elsya, S.H., M.M dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Apel kesiapan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Pengamanan, Soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam menghadapi Bencana secara khusus di Wilayah Hukum Polres OKU Selatan dimana saat sekarang ini sedang berjalan tahapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan juga penanganan Pandemi Covid-19.

Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S.I.K mengatakan bahwa, “Sebagaimana yang kita ketahui bersama, untuk Kabupaten OKU Selatan, disebutnya ada tujuh wilayah yang paling rawan terjadi bencana tanah longsor. Yakni wilayah Sungai Are, Sindang Danau, Pulau Beringin, Makakau Ilir, Muaradua Kisam, BPRRT, Warkuk Ranau Selatan, Buay Pemaca. Mengalami bencana banjir, tanah longsor, angin topan dan berbagai bencana lainnya yang dipengaruhi oleh perubahan iklim yang ekstrim,” Papar Kapolres.

BACA JUGA  Staf Ahli Bupati OKU Hadiri Wisuda Santri di Desa Lubuk Banjar

“Sedangkan untuk bencana banjir bandang adalah seluruh wilayah yang dilalui jalur sungai. Seperti Muaradua, Buana Pemaca, Kecamatan Simpang, Tiga Dihaji, Buay Sandang Aji, Kisam Ilir, Runjung Agung, Banding Agung, Buay Runjung, dan Buay Rawan,” Terangnya.

Di jelaskan Kapolres Zulkarnain, “Potensi bahaya dan ancaman bencana yang semakin kompleks tersebut tidak terlepas dari dampak perubahan iklim dan juga akibat ulah manusia itu sendiri. Penanganan bencana yang selalu dinamis dan berdinamika, membutuhkan kerja sama yang luas dan bersinergi antara seluruh unsur baik Polri, TNI, BPBD, Tagana dan Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya,” Ujar Kapolres Zulkarnain.

BACA JUGA  Sebanyak 118 CPNS Resmi Di Lantik Bupati OKU Selatan

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Zulkarnain menyampaikan bahwasannya, “Geografis Wilayah dikelilingi oleh hutan dan kontur tanah yang berbukit – bukit sangat rawan terjadinya bencana, dalam menghadapi bencana dibutuhkan sikap, pemikiran dan perilaku tangguh. Sehingga dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman, sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku. Apel kesiapsiagaan ini menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana,” Pungkas Kapolres.

Setelah selesai Apel, Kapolres OKU Selatan beserta Pjs Bupati bersama dengan instansi, melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana antisipasi bencana alam di Halaman Apel Mapolres OKU Selatan.(Yuni)

No More Posts Available.

No more pages to load.