Kapolres OKU Selatan Zulkarnain Harahap S.I.K Pimpin Sumpah Dan Penanda Tanganan Untuk Tidak Mengunakan Narkoba 

oleh -595 views
Muaradua.OKU POS.Com – Narkoba merupakan zat kimia yang biasanya digunakan untuk merawat kesehatan. Zat ini akan bekerja dengan mempengaruhi susunan saraf sentral. Jika disalahgunakan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, perhatikan bahaya narkoba bagi kesehatan.
Narkoba disebut juga narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang, dan zat aditif. Narkoba paling populer di Indonesia, yakni ganja, sabu, ekstasi, dan heroin. Narkoba akan menyebabkan efek kecanduan secara fisik dan psikis. Sehingga, tidak heran jika banyak bahaya narkoba bagi kesehatan.
.
Bahaya narkoba bagi kesehatan yang harus lebih diperhatikan, yakni kerusakan sel otak. Narkoba akan berpengaruh pada bagian otak yang bertanggung jawab atas ‘kehidupan’ perasaan. Bagian ini disebut sistem limbus pada hipotalamus. Hipotalamuslah yang selama ini memunculkan perasaan nikmat ketika mengonsumsinya. Sebab, hipotalamus merupakan pusat kenikmatan pada otak.
Penyalahgunaan narkoba dapat merusak diri sehingga membuat menjadi pemalas dan tidak disiplin.
.
Hal ini di sampaikan oleh Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S.I.K, saat memimpin upacara pengambilan sumpah dan penanda tangganan. Sumpah kepada semua Jajaran Polres OKU Selatan untuk tidak terlibat dan menggunakan narkoba.
Kapolres Zulkarnain, mengajak Personel Polres OKU Selatan untuk merubah diri menjadi lebih baik dan menjauhi narkoba. Kegiatan sumpah dilaksanakan untuk menekankan kepada personel agar tidak menyalahgunakan penggunaan narkoba.
.
“Bagi pengguna dan pengedar narkoba akan di PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat),” Ujar Kapolres seraya menekan lkan kepada para Kabag, Kasat dan Kapolsek untuk memperhatikan anggotanya dan memberikan atensi untuk tidak menyalahgunakan narkoba.
.
Upacara tersebut di gelar pada hari Senin (15/02/2021), Sekira Pukul 09.00 Wib, bertempat di Lapangan Mapolres OKU Selatan.
Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menciptakan Personel Kepolisian Polres OKU Selatan yang presisi, berintegritas, bebas dari Narkoba, berguna bagi keluarga dan Institusi Kepolisian serta berguna bagi Bangsa dan Negara.
.
Sementara itu Sumpah yang di bacakan oleh Kapolres serta di ikuti oleh semua personil yang hadir sebagai berikut
.
Demi Allah, Saya Bersumpah.
Bahwa Saya :
.
1. Tidak akan terlibat dalam segala penyalahgunaan Narkoba baik sebagai pemakai, pengedar maupun membekengi pengedar dan Bandar Narkoba.
2. Tidak akan melakukan atau terlibat dalam perbuatan melanggar hukum baik Pidana, Kode Etik, maupun Disiplin yang dapat menurunkan Citra dan Martabat Institusi Polri.
3. Siap menjadi Personel yang Berintegritas Berguna bagi Keluarga, Institusi Polri, Masyarakat, Bangsa dan Negara.
4. Apabila melanggar Sumpah ini, Saya bersedia diproses Hukum sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, baik Pidana Kode Etik maupun Disiplin, serta sanggup di Berhentikan Tidak Dengan Hormat (PTDH) dari Dinas Kepolisian.
Sumpah ini sebagai janji saya kepada Tuhan yang Maha Esa yang akan saya taati, karena Tuhan yang Maha Esa, Maha Mengetahui dan Maha Melihat.
.
Kegiatan Pengambilan sumpah dan Penandatanganan Sumpah berakhir Pukul 10.00 Wib, situasi aman dan terkendali.
.
Saat di jumpai seusai Upacara, Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnaen Harahap, SIK Mengarakan,” Dengan di gelarnya upacara Pengambilan Sumpah serta penanda tanganan sumpah tersebut, saya (Kapolres) berharap semua Personil Polres OKU Selatan tidak akan terlibat dan dalam peredaran dan penyalah gunaan Narkoba. Apa lagi sumpah tersebut di ucapkan dengan menyebut nama Allah SWT,” Harap Kapolres Zulkarnain.
“Saya sebagai Kapolres, tidak akan segan-segan untuk menindak dan memproses bagi anggota yang terbukti menyalahgunakan Narkoba. Sudah banyak oknum anggota Polri di antaranya anggota polres OKU Selatan yang di proses sampai di berhentikan dengan tidak hormat,” Tegas Kapolres OKU Selatan Zulkarnain. (Yuni)
BACA JUGA  Pemkab OKU Gelar Sholat Tarawih Pertama di Pendopo Rumkab