KEBANGKITAN KAUM MILENIAL YANG CETAR MEMBAHANA

oleh -1.265 views

Jakarta.OKU POS.Com – Pasti kita merasa bahagia dan bangga saat ada berita makanan khas Indonesia, misal tempe goreng dan kripik tempe disajikan dengan cara terhormat di berbagai negara di belahan dunia ini. Menjadikan simbul kreatifitasnya masyarakat Indonesia.

Pasti juga kita bahagia sekaligus bangga saat ada berita seorang pengusaha Indonesia, dari titik nol tapi kini jadi jaya membesarkan ternak sapi perahnya di Selandia Baru. Tentu masih banyak lagi inovasi kreasi atau teknologi asli Indonesia yang mewarnai dunia.

Produk – produk merk populer yang jadi pemimpin pasar pada bidangnya yang telah menguasai dunia. Misal saja ; Samsung, Hyundai, Toyota, Mitsubishi, Durian Musang King, Durian Montong, dan lainnya. Andaikan itu milik Indonesia pasti juga akan menghadirkan rasa bangga.

_*Putra putri Indonesia sering mengukir prestasi emasnya hingga kelas dunia, baik pada lomba antar negara mulai ilmu pengetahuan murni hingga tingkat teknologi dan inovasinya. Bisa dicek pada kampus – kampus ternama yang ada di Indonesia. Sehingga tiada alasan kita tidak percaya diri dengan masa depan Indonesia.*_

BACA JUGA  *PIDATO PRESIDEN RI PADA SIDANG PARIPURNA MPR RI DALAM RANGKA PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH PERIODE 2019-2024*

Tapi di balik ragam prestasi emas itu semua. Sering kali saya dapat keluhan curahan hati para dosen bahwa biasanya habis lulus mereka ” Anak Muda Smart ” kurang percaya diri untuk mengembangkan karyanya tersebut. Sekalipun sudah nyata jadi juara tingkat Internasional. Piagam, foto – foto dan piala hebatnya hanya dipajang di rumah dan kampusnya saja.

Sehingga, mungkin sayalah orang pertama kali yang paling setuju pada akhir – akhir ini di mana – mana mulai kampus hingga kementerian diadakan acara seminar atau apapun sebutannya yang menghadirkan banyak praktisi (pengusaha/wirausahawan). Diminta agar berbagi kiat – kiat konkretnya di lapangan saat mulai usaha, proses usaha, mengatasi problematikannya.

Tentu yang bernuansa motivasi edukasi kental aroma lapangan. Aroma bicara apa adanya, bicara kisah nyata yang dialaminya. Pasti beda antar pelaku karena itu seni kreasinya. Spiritnya cuma satu saja ” mereplikasikan sukses yang ada pada dirinya “. Biasanya dengan banyak pelaku menebar banyak inspirasinya para anak muda tinggal memilih lalu latah baik menirunya dan secepatnya.

BACA JUGA  Tangkap Kurir Narkotika, Sat Res Narkoba Polres OKU Selatan Amankan 0,30 Gram Sabu

Proses ini sangat produktif untuk menjawab curhatnya para dosen, yang mengaku telah sukses menjadikan anak didiknya juara inovasi tingkat dunia, tapi merasa belum sukses menjadikan mereka sebagai pelaku usaha pengembang karya hebatnya tersebut. Yang pasti jika goal akan berdampak terjadinya proses penambahan nilai laba maupun nilai manfaat nyata buat masyarakat maupun Bangsa Indonesia.

*Jika iklim sinergitas antara pemerintah, akademisi dan praktisi (the triple – helix innovation) ini tetap konsisten terpelihara dengan baik. Saya yakin dan percaya, tak lama lagi akan hadir start up wirausahawan inovatif secara massal nasional dampaknya ledakan kemajuan Indonesia. Semoga.*

Salam 🇮🇩
Wayan Supadno
Pak Tani.