Ketua PMI OKU Selatan Berikan Perhatian Penuh Kepada Warga Yang Berdampak Korban Banjir Bandang

oleh -12 Dilihat

Kota Batu.OKU POS.Com – Banjir bandang atau air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar ini terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah akibat hujan yang turun terus-menerus.

 


Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar.
.
Seperti terjadi di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, akibat dari hujan deras dari Pukul 18.00 wib sampai pukul 04.00 Wib menyebabkan air sungai Warkuk meluap dan merendam pemukiman
warga 4 desa, di antara nya Desa Kota Batu, Desa Suka Jaya, Desa Pagar Dewa dan Desa Tanjung Jati. Sementara Desa Kota Batu yang cukup parah di landa banjir tersebut.
.
Banjir yang terjadi dari pukul 03.30 wib pada hari Minggu 13 September 2022 tersebut, sedikitnya ada 6 rumah warga hanyut terserat banjir, sementara jalan desa 300 meter amblas dan turap jebol. Belum lagi hewan ternak sapi, kambing dan unggas, serta 2 jembatan gantung rusak di sebabkan luapan sungai Warkuk yang bermuara pada Danau Ranau.

BACA JUGA  Heboh, Penemuan Mayat Gegerkan Warga


Dengan musibah banjir tersebut, PMI Cabang Kabupaten OKU Selatan Dibawah Komando Isyana Popo Ali langsung ke lokasi banjir dan meninjau korban banjir di pengungsian di sekolah – sekolah dan dirumah warga.
.
Terlihat ketua PMI OKU Selatan beserta pasukannya meninjau serta bertemu dengan warga yang rumah nya hanyut terseret banjir. Di pengungsian
Isyana Popo Ali menghibur dengan membagikan makanan ringan kepada anak anak korban banjir.
.
” kami dari PMI akan secepat nya memberikan bantuan dan membuka dapur umum serta membantu warga yang terdampak dari musibah ini. Walaupun hari ini kita sudah ada dapur umum dari Dinas Sosial serta perhatian dari Kompas Ranau yang sudah membagikan nasi bungkus tentu banyak lagi nanti nya pihak – pihak yang perduli terhadap saudara kita “, ujar Isyana.
.
Lebih Lanjut, Istri Bupati OKU Selatan ini mengajak warga bersama tidak Larut dalam musibah ini, ” kita tetap semangat dan tawakal atas musibah ini, semuanya tidak kita kehendaki namun semuanya ini cobaan untuk kita. Yakinlah bapak ibu sekalian kita tetap bersama dalam menghadapi musibah ini terlebih lagi pemerintah “, tuturnya
.
” Mari kita berbenah, insyaallah ada hikmah nya dari musibah ini “, Tutupnya

BACA JUGA  Jajaran Pemkab OKU Selatan Sambut PJS Bupati OKU Selatan, Nora Elisa, SH. MM Di Bumi Serasan Seandanan


Nampak terlihat di lokasi bersama Ketua PMI OKU Selatan, Asisten II, Kepala Dinas PU PR, Kepala Dinas Sosial, Kasat POL PP, Pelaksana Tugas PNPB, Camat Warkuk Ranau Selatan, Camat Banding Agung, Pengurus Kompas Ranau Serta Kepala Desa Tetangga. ( Yuni )

No More Posts Available.

No more pages to load.