Peduli Pengendara, Puluhan Anggota Pemuda Pancasila OKU Cor Jalan Berlobang

oleh -526 views

Baturaja.OKU POS.Com – Puluhan anggota dari Organisasi Masyarakat (Ormas) ternama di Indonesia. Yakni Ormas Pemuda Pancasila Cabang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Melaksanakan bakti sosial dengan menampal menggunakan cor beton pada ruas jalan raya yang berada tepat diujung atau garis besi pembatas jembatan Ogan 1, di Jl. Jenderal Ahmad Yani atau sekitar 10 meter dari Taman Kota Baturaja.

Yang mana, meski hanya dibuat satu arah jalan raya ini sangat aktif dilalui setiap pengendara, baik itu kendaraan roda 2 maupun roda 4. Pasalnya jalan ini berada tepat ditengah pusat jantung Kota Baturaja, Kabupaten OKU yang dianggap sering menjadi penyebab kemacetan di jembatan yang dibawahnya terdapat sungai Ogan mengalir deras.

Tentunya bila dibiarkan lobang di jalan ini akan terus melebar, dan bukan saja bisa menyebabkan macet juga bisa berakibat fatal bahkan bisa menimbulkan korban jiwa. Rusaknya jalan ini memang tidak banyak, meski hanya satu yang berlobang tapi terbilang parah, karena lobang tersebut memiliki kedalaman hampir 20 Cm dan berada tepat ditengah badan jalan aspal yang lebarnya cuma sekitar 4 meter terbilang sempit, susah apabila dilalui oleh dua kendaraan roda 4 secara berbarengan sekaligus.

“Malam ini, pukul 11.30 Wib saya bersama puluhan anggota Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten OKU. Dengan sukarela melaksanakan bakti sosial menampal jalan ini menggunakan cor beton berbahan batu split ,”kata Ketua Majelis Perwakilan Cabang (MPC) Kabupaten OKU, Raden Muhammad Wahyu didampingi Hendri Marico dan Suryadi beserta puluhan anggota PP lainnya, Selasa malam (11/6/19).

Dijelaskan pria yang memiliki panggilan akrab Wahyu ini, bahwasannya kegiatan yang mereka adakan bukan karna semata-mata untuk memprotes ataupun mengambil alih pungsi Dinas Pemkab OKU terkait. Tapi melainkan hanya sebagai bentuk kepedulian dirinya beserta semua onggata PP yang ada, kepada pengendara yang melintas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebelumnya kami mohon maaf kepada pihak terkait, bukan maksud kami untuk mengambil alih pekerjaan. Karena menurut kami kondisi lobang ini cukup memprihatinkan, dan tadi siang sempat terpantau oleh kami ada insiden seorang pengendara sepeda motor yang hampir saja celaka saat melewati jalan ini. Pengendara tersebut terjebak tepat ditengah lobang sehingga motor yang dikendarainya sempat roboh dan jatuh ,”terang Wahyu.

Maka, sambung dia, malam ini kami berinisiatif tanpa bermaksud menyinggung pihak lain. Dengan menampal lobang di jalan ini agar kita semua saat berkendara bisa terhindar dari hal yang tidak kita inginkan yang disebabkan oleh lobang di jalan ini. Karena menurut catatan Kepolisian dalam setiap tahunnya ada ratusan lebih nyawa yang meninggal dunia menjadi korban kecelakaan, yang diantaranya disebabkan oleh buruknya kondisi jalan ,”pungkas Ketua MPC OKU, Raden Muhammad Wahyu. (RMW)