PEMERINTAH DESA BELATUNG GELAR PELATIHAN MERANGKAI BUNGA DAN MERAJUT TAS 

oleh -260 views
Lubuk Batang.OKU POS.Com – Keterampilan di berbagai bidang kerajinan rumah tangga saat ini sangatlah diutamakan, selain untuk menambah wawasan juga diharapkan dapat menambah penghasilan rumah tangga, melalui tujuan ini lah  bertempat di ruang PKK Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), berlangsung kegiatan merangkai bunga dan merajut tas.
Acara yang di hadiri Camat Lubuk Batang, Ketua Tim PKK Kecamatan, Pendamping Desa, BPD, dan Ketua PKK Desa dan Peserta dari utusan Dusun masing-masing. Acara yang berlangsung selama empat hari ini di ikuti oleh utusan dusun-dusun se desa Belatung, terlihat dari hasil yang di kerjakan cukup memuaskan yang mana dari hasil merangkai bunga cukup baik.
Dalam rangka peningkatan kualitas dan pemberdayaan masyarakat lokal, pemerintah desa (Pemdes) Belatung, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan dalam pemanfaatan dana desa tahun angggaran 2019 menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Keterampilan Perempuan Kegiatan Merangkai Bunga, serta Pembuatan Tas Anyaman Tradisional berbahan tali kur. Kegiatan bertempat di kantor Desa Belatung.
Pada kegiatan pemberdayaan yang diadakan khusus bagi puluhan peserta ibu-ibu desa Belatung yang antusias mengikuti kegiatan yang bakal digelar selama 4 hari berturut-turut ini, dimulai pada tanggal 28 kemarin. Mereka dilatih oleh ahli profesional dalam bidang pembuatan bunga berbahan plastik dan tas anyaman dari tali kur, paserta dibimbing langsung oleh ibu-ibu anggota PKK desa Belatung sebagai panitia kegiatan.
Hal tersebut disampaikan Plando, selaku Kepala desa (Kades) Belatung didampingi Honi Novarianti SE, istri sekaligus ketua TP-PKK desa Belatung saat disambangi di kantor desa Belatung, jum’at (29/11/19), mengungkapkan fungsi dari kegiatan bertujuan untuk melatih skill serta kemauan para ibu-ibu yang ada di desa Belatung, agar kelak kedepannya bisa lebih mandiri lagi melalui kemampuan yang didapat.
Lebih lanjut Kepala Desa Belatung akan membantu dan mengembangkan usaha Desa yang di lakukan Ibu-Ibu, kita akan bantu pemasaran dan akan kita bantu dengan dana desa melalui Bumdes, namun Plando berharap pelatihan ini harus lebih di tingkat kan sehingga apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat untuk kedepannya.
“Dengan adanya kegiatan seperti ini, harapan kami kedepannya agar ibu-ibu di desa kami ini bisa memiliki kemampuan untuk lebih berinovasi dibidang wirausaha. Seperti contoh, setelah selesai dari kegiatan pelatihan ini nanti, ibu-ibu disini siapa tau ada yang langsung bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, melalui ilmu yang didapat dari sini mereka bisa membuka peluang usaha bunga plastik maupun tas anyaman yang bisa menarik minat orang luar. Selain bisa menciptakan lapangan pekerjaan, hasil dari kerajinan mereka bisa diperluas melalui pinjaman modal Bumdes kita. Dengan demikian bisa menambah PAD desa ,”ungkap Plando.
Hal senada juga disampaikan Honi Novarianti, selaku ketua TP-PKK dirinya mengaku merasa bertanggung jawab dan berjanji akan selalu memberikan yang terbaik kepada semua ibu-ibu yang ada di desa Belatung, dengan segala batas dan kemampuan yang ia miliki, ibu Ketua TP-PKK yang satu ini bakal terus berjuang demi kesejahteraan kaum perempuan desa Belatung.
“Kegiatan seperti ini sengaja kami pilih sebab menurut kami sangat bermanfaat, selain bisa mengisi waktu senggang dan menambah keterampilan ibu-ibu di desa seperti kami ini. Hasilnyapun bisa dimanfaatkan menjadi uang dengan menjualnya kepasar ataupun di tempat keramaian lainnya, dengan begitu bisa untuk menambah penghasilan ,”terang Honi Novarianti.
Lebih dalam disampaikannya, agar peserta bisa lebih fokus dan mudah memahami pada saat mengikuti pelatihan, kegiatan dibagi menjadi dua bagian ,”Untuk kegiatan pelatihan membuat tas anyaman dari tali kur sudah kita mulai dari kemarin, tepatnya hari kamis tanggal 28 November. Nanti setelah genap 4  hari akan disusul dengan pelatihan selanjutnya, yaitu merangkai bunga. Adapun jumlah masing-masing peserta yang ikut dalam pelatihan ini ada sekitar 26 orang lebih untuk satu kegiatan tadi ,”ungkap ketua TP-PKK desa Belatung.
Sementara itu, beberapa peserta dari beberapa Kampung desa Belatung diantaranya, Kutna Dari kampung 1 ,Leni kampung 2, Sumarni Kampung 3 dan Yunihartati dari kampung 4 mewakili  peserta dari puluhan ibu-ibu yang mengikuti pelatihan mengaku alasannya antusias mengikuti kegiatan yang di gelar oleh pemerintah desa setempat. Sebab sangat menguntungkan bagi dirinya pribadi selaku ibu rumah tangga yang memang terkadang banyak memiliki waktu luang.
Begitu juga yang di sampaikan oleh Indri Selaku Panitia peyelenggara mengatakan “Selain gratis tidak dipungut biaya dengan bimbingan yang ramah dari panitia, disini kami juga bisa saling bersilahturahmi serta berbagi pengalaman. Dan yang terpenting kami bisa menambah wawasan juga peluang untuk membuka usaha kerajinan tangan seperti ini. Apa lagi Kadesnya baik, tadi bilang mau ngasih pinjaman uang kalau nanti kami buka usaha kekurangan modal ,”kata ibu tersebut yang diamini oleh ibu-ibu lainnya.
Dengan diadakanya Pelatihan yang di selengarakan ini tentu diharapkan dapat menambah pengetahuan di bidang usaha, tentu bukan hanya sebatas ibu-ibu saja untuk kedepan pemdes Desa belatung akan menyelengararakan kursus Menjahit,Komputer dan Otomotif Untuk Generasi muda. (Azam)
BACA JUGA  TNI BERSAMA PEMKAB OKU BERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT