Pemkab OKU Selatan Berikan Perhatian Kepada Korban Banjir Bandang Di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan

oleh -12 Dilihat

Warkuk Ranau Selatan.OKU POS.Com -Bencana banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba tiba dengan debit air besar yang di sebabkan oleh hujan deras, serta dangkalnya sungai sehingga tidak tertampungnya debit air dan terbendungnya aliran sungai disebabkan pendangkalan sehingga banjir mengenangi rumah warga.

 


Banjir yang terjadi di kecamatan Warkuk Ranau Selatan, 13 September 2022 ada ratusan rumah warga termasuk pertokoan serta beberapa rumah ibadah tergenang banjir dengan ketinggian 50 cm hingga 1 meter. Banjir yang datang dengan tiba – tiba pada pukul 03.30 Wib dini hari, di mana warga sedang terlelap tidur.
.
Sedikit nya ada 6 rumah hanyut terseret banjir, 2 jembatan gantung rusak, ada lebih kurang 300 meter jalan desa amblas tergerus deras nya arus air sungai Warkuk. Belum lagi hewan ternak warga diantaranya beberapa ekor Sapi, Kambing, serta Unggas, sementara itu tidak ada korban jiwa.
.
Pada banjir bandang yang mengenangi 4 Desa di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, di antaranya Desa Kota Batu, Desa Suka Jaya, Desa Pagar Dewa dan Desa Tanjung Jati, sementara Desa Kota Batu yang lebih parah.
.
Dengan terjadinya musibah ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan langsung tanggap darurat serta memberikan perhatian khusus terhadap warga yang terdampak oleh banjir bandang tersebut.
.
Dengan musibah tersebut pemerintah Kabupaten OKU Selatan, menerjunkan BNPB, Sat Pol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Damkar serta TNI dan Polri, langsung membantu dan mengevakuasi warga ke tempat pengungsian serta mendirikan tenda-tenda BNPB serta mobil dapur umum dari Dinas Sosial.
.
Sementara itu, telihat di lokasi banjir Asisten II, Anggota DPRD, Kepala Dinas PU PR, Kepala Dinas Sosial, Kepala Satuan Pol PP, Kesehatan, Damkar, Camat Warkuk Ranau Selatan, Camat Banding Agung, serta Jajaran Kompas Ranau serta para Kepala Desa Tetangga.
.
Drs. Herman Azedi, SKM MM, Asisten II Pemkab OKU Selatan dalam sambutannya mewakili Pemerintah. Kita semua harus tabah dalam musibah ini, yakinlah semua kejadian ini ada hikmah nya.
.
” Kami dari pemerintah OKU Selatan akan memberikan perhatian khusus terhadap musibah ini, kita tetap semangat dan jangan larut dalam musibah tersebut, kita akan dirikan dapur umum, serta tenda-tenda untuk menampung warga yang rumahnya hanyut terseret banjir. Karena saat ini penampungan di ruang sekolah hanya sesaat, karena sekolah tersebut akan di fungsikan, sehingga tidak terganggu proses belajar “, ujarnya
.
Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Kesehatan ini mengatakan untuk team kesehatan harus extra serta bekerja sama kepada masyarakat untuk datang ke posko kesehatan guna memeriksakan kesehatan paska banjir tersebut biasanya warga akan di serang penyakit terutama penyakit kulit dan flu “, jelas mantan camat ini.

BACA JUGA  Herman : Jangan Kasih Kendor Tetap Bangkit & Bergerak Partai Berkarya Sumsel Optimis Akan Lebih Unggul


” Kita juga akan meminta kepada TNI dan Polri untuk bersama menanggulangi pasca banjir tersebut, serta mendata kerugian dan kerusakan akibat banjir tersebut terutama turap yang roboh di sepanjang muara sungai Warkuk tersebut “, tutupnya. (Yuni)

No More Posts Available.

No more pages to load.