Pemkab OKU Selatan Peringati Hari Kesaktian Pancasila

oleh -3.563 views
Muaradua.OKU POS.Com –  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini menjadi momentum kita bersama dalam menjaga semboyan Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Selasa (1/10/2019).
Pancasila sebagai ideologi bangsa harus diterapkan secara penuh dan menyeluruh. Sebab, di mana pun dan sampai kapan pun, Pancasila tetap relevan dan dapat menjadi formula ampuh untuk mengatasi aneka pergolakan bangsa dan meredam potensi konflik.
Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi momentum kita untuk mawas diri dan introspeksi diri dalam mengingat kembali apakah sila-sila dari Pancasila telah kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengusung tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di Kabupaten OKU Selatan berjalan dengan sederhana, khidmat dan tertib.
Bertempat di Lapangan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Sekretaris Daerah H.Romzi, S.E., M.Si selaku Inspektur Upacara, membacakan Teks Pancasila, diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Para Pejabat, Para ASN, Pemuda Pancasila, TNI/Polri, Para Pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Pelajar dan Undangan lainnya.
Pemerintah Kabupaten OKU Selatan rutin menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober.
Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut. Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan.
Terkait peringatan ini, mewakili Bupati OKU Selatan Sekretaris Daerah mengungkapkan bahwasannya peringatan hari kesaktian pancasila pada dasarnya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara. Selain itu, Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi Bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya serta Pertahanan dan Keamanan.
Sementara Itu Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila, Kabupaten OKU Selatan, yang baru terbentuk dan pertama kali Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Bumi Serasan Seandanan ini sangat senang. Dikarenakan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten OKU Selatan, semua di bentuk dan langsung mengikuti rangkaian agenda MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan diantaranya Muswil Srikandi, Rakerwil, dan Sebentar lagi akan Mengikuti Mubes Pemuda Pancasila Se Indonesia di Jakarta.
Zainal Muhtadin, SH, MM Ketua MPC Pemuda Pancasila OKU Selatan saat di bincangi OKU POS.Com seusai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Lapangan Pemkab OKU Selatan mengatakan “Saya sangat senang di karenakan dengan kurun waktu yang begitu singkat MPC Pemuda Pancasila OKU Sekatan sudah dapat mengikuti kegiatan yang di adakan oleh Pemkab OKU Selatan, tentu dengan keberadaan Ormas Pemuda Pancasila OKU Selatan ini dapat berperan aktif dan mewarnai peran serta di dalam mengisi Pembangunan di OKU Selatan”, ujarnya.
Lebih Lanjut “Zainal menekankan agar anggota Pemuda Pancasila Kabupaten OKU Selatan selalu menjunjung tinggi Ormas Pemuda Pancasila sehingga Organisasi kita ini mendapat simpatik dan di cintai Masyarakat OKU Selatan, tentu dengan memberikan Kontribusi yang Positif baik  terhadap Pemerintah terlebih di Masyarakat, ujar Zainal.(Yuni)
BACA JUGA  AKBP Indra Arya Yudha, S.H., S.I.K., M.H., Kapolres OKUS Pimpin Langsung Sidang BP4R

No More Posts Available.

No more pages to load.