Pemkab OKU Selatan Peringati Hari Lahir Pancasila, Dilanjutkan Gelar Halal Bihalal

oleh -345 views

OKU Selatan.OKU POS.Com – Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. menjadi Pembina Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke 74. Bertempat di lapangan Pemkab OKU Selatan, Senin (10/6/19). Peringatan digelar bertepatan dihari pertama masuk kerja pasca libur nasional menyambut hari Raya Idulfitri 1440 H. diawali dengan Upacara Bendera Peringatan Hari  Lahir Pancasila Ke 74, ini sendiri diperingati pada setiap tanggal 1 Juni.

Selain Bupati OKU Selatan, upacara juga dihadiri Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP.,M.Si., Sekretaris Daerah H. Romzi, S.E.,M.Si., Para Asisten, Staf Ahli, Inspektur, unsur muspida Kepala OPD/SKPD, Kabag beserta seluruh Pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab OKU Selatan.

Amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dibacakan Bupati OKU Selatan yang menyampaikan, dalam amanat kepala BPIP sebagai Negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvisi diperlukan pegelolaan unit kultural juga unit politik secara dialektis. Yanng dimaksud dengan keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan”. Yang memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat, sebab Indonesia dan Pancasila adalah rumah kita semua.

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman saling menghormati dan saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang tidak menimbulkan ketakutan, kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur ,”terang Bupati OKU Selatan.

Lebih dalam disampaikannya Popo Ali ,”Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘Politik Harapan’ didalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila ,”ungkapnya.

Usai membacakan amanat dari Kepala BPIP, Bupati OKU Selatan mewakili Jajaran Pejabat Pemkab OKU Selatan mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemkab OKU Selatan ,” Mohon maaf lahir dan batin, mari kita semua saling memaafkan, apalagi dalam kesempatan semua bisa berkumpul dan hadir ,”terang Popo Ali.

Setelah selesai upacara, Bupati juga mengajak semua yang hadir untuk ikut dalam halal bihalal yang langsung digelar di halaman Kantor Bupati OKU Selatan, sambil berkumpul mengakrabkan diri sembari menikmati kudapan yang telah disediakan. ,”Mari sama-sama saling bersantai mengakrabkan diri kembali, mudah-mudahan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab kita ini makin lebih baik ke depan ,”sapa Popo Ali. (Yuni)