Pemkab OKU Selatan Rapat Bersama PT Telkom Terkait Pembangunan ICT 

oleh -1,604 views

Muaradua.OKU POS.Com – Pemerintah Kabupaten OKU selatan menggelar rapat bersama PT. Telkom Indonesia Wilayah Sumbagsel melalui Video Conference (Vidcon), membahas Pengembangan ICT (Information and Communication Technology) di Kabupaten OKU Selatan, bertempat di Ruang Vidcon Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, Jumat siang (24/07/2020).

Kepala Dinas Kominfo OKU Selatan mengawali rapat ini menjelaskan bahwa, “Rapat ini diselenggarakan guna membahas terkait penguatan jaringan untuk e-goverment menuju OKU Selatan smart city. Sebagaimana diketahui saat ini banyak penggunaan aplikasi e-govermnet, sehingga kebutuhan internet dan layanan teknologi dengan kualitas baik harus dipenuhi,”Ujarnya.
Dalam arahannya Asisten III menjelaskan, “Selain peningkatan kualitas jaringan internet di Komplek Perkantoran Pemkab OKU Selatan, peningkatan jaringan layanan internet juga harus diselenggarakan di 19 Kecamatan di OKU Selatan. Namun, untuk mengadakan layanan jaringan internet dengan kualitas baik merupakan sebuah tantangan, karena wilayah di 19 Kecamatan di OKU Selatan ini topografinya adalah perbukitan,”Ungkap Herman.
Herman juga menyebutkan bahwa, “Perlunya solusi agar desa-desa di 19 Kecamatan ini dapat menikmati layanan internet dengan kualitas baik, sehingga pemerintahan di desa dan kecamatan berjalan dengan baik. Mengingat saat ini banyaknya penggunaan aplikasi pada pemerintahan desa dilakukan secara daring yang membutuhkan akses internet,”Jelasnya.
General Manager PT. Telkom Wilayah Sumbagsel Bapak Hary mengatakan bahwa, pihaknya akan berupaya membantu Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet terbaik. Ia juga menjelaskan bahwa kebutuhan internet saat ini sangat luar biasa, semua aktivitas juga tidak lepas dari akses internet apalagi terkait pemerintahan yang menggunakan aplikasi-aplikasi dengan jaringan internet.
Account Manager Service PT. Telkom Indonesia Wilayah Sumbagsel Bapak Wassy, menjelaskan bahwa ada 3 fasilitas yang tawarkan oleh PT.Telkom untuk mendukung OKU Selatan menuju Smart City dan memberikan solusi untuk wilayah yang tidak tersentuh internet karena topografi perbukitan. Diantaranya, Smart City Connectivity, Internet Satelit VSAT Mangoesky, dan SPGDT 112/119.
Wassy menjelaskan Smart City Connectivity adalah infrastruktur dasar smart city yang menghubungkan pusat pemerintahan dengan unit-unit dibawahnya seperti OPD, Kecamatan, Kelurahan/Desa, Puskesmas dan Instansi lainnya.
Dwi Putra Agustari dari Telkomsat Mangoesky melalui Vidcon ini menjelaskan, bahwa ada layanan Mangoesky yang memberikan solusi bagi kantor desa dan kecamatan dalam penyelenggaraan internet, yang mana bisa menjalankan program pelaporan secara online melalui website desa dan aplikasi sistem keuangan desa.
Terkait Mangoesky ini, Kepala DPMPD OKU Selatan  sangat mendukung  Mangoesky dari Telkomsat, dan akan disosialisasikan karena bisa membantu jalannya pelaporan di pemerintahan Desa.
Rapat ini dipimpin langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Herman Azedi, SKM.,M.M. dan turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Litbang Natalion, S.STP.,M.Si. Kepala Dinas Kominfo Firman Bastari, S.STP.,M.Si. Kepala Dinas Pendidikan Zulfakar Dhani, S.Sos. Kepala BKPSDM Eva Nirwana, S.IP.,M.Si. Kepala Dinas PMPD Juproni, Direktur RSUD Muaradua, BPKAD, Bapenda, dan DPMPTSP. (Yuni)
BACA JUGA  WAKIL BUPATI RESMI TUTUP MTQ KE IX TINGKAT KABUPATEN OKU SELATAN

No More Posts Available.

No more pages to load.