Pepaya California Bisnis Menjanjikan Dipasaran, Bikin Supri Tertarik Membudidayakan

oleh -4,225 views

OKU SELATAN.OKU POS.COM –Membahas soal pepaya tentunya sangat menarik sekali,apalagi jika kita membahas pepaya yang satu ini yaitu Pepaya California. Permintaan yang sangat banyak membuat Pepaya California menjadikannya bisnis buah yang sangat menjanjikan bagi Petani salah satu nya yang dilakukan oleh Kepala Desa Ruos Kecamatan Buay Rawan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Tidak hanya enak, pepaya yang rendah kalori ini ternyata punya segudang kandungan mineral dan vitamin. Tak heran jika ada banyak manfaat pepaya bagi tubuh kita.

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan.

Banyak sekali manfaat pepaya bagi kesehatan untuk dikonsumsi, diantaranya pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Dengan segudang nutrisi tersebut, pepaya memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA  53 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kab OKU Di Kukuhkan

Tingginya permintaan dipasaran membuat Supri tertarik membudidayakan Pepaya California dengan modal keyakinan dan hobi bertani akhirnya memutuskan untuk mencobanya.

Dikatakan langsung oleh Supri saat ditemui oleh OKU POS, bibit berupa biji dibeli di toko pertanian, belajar di google hingga memesan bibit “Memang tak 100 persen berhasil. Dari 10.000 pohon, hanya separuhnya yang berhasil tumbuh dengan baik, hingga berbuah,” ujar Supri.

“Kirim ke pasar Jakabaring per kg 2500, ini merupakan usaha bertani dan merupakan pekerjaan yang mengasyikkan juga harus di dasari dengan hobi. Baru bisnis bisa berjalan.

Panen 9 bulan satu batang 3 kilogram, kini lahan yang produksi bekisar 4 hektar dengan 6000 batang bisa menghasilkan 7 ton dengan harga berkisar Rp 2500 sampai Rp 3000 per kilogram di pengepul.

BACA JUGA  Sekda Pimpin Rapat Persiapan Kegiatan Festival Danau Ranau ke XXII

Kendala yang datang dalam membudidayakan tanaman Pepaya California Ada yang berhasil tumbuh dengan baik. Adapula yang mati karena diserang hama. Namun, dari pengalaman yang dialami, justru belajar mengatasi masalah dalam budidaya buah pepaya tersebut. “Alhamdulillah, sisa 400 pohon tumbuh dengan baik. Berbuah lebat menghasilkan buah yang berkualitas,”

Varietas pepaya California ini termasuk pepaya lain, tinggi tanaman sekitar 1,5 – 2 meter dan sudah bisa dipanen setelah berumur 8 – 9 bulan. Pohonnya dapat berbuah hingga umur mencapai empat tahun. Dalam satu bulan bisa dipanen sampai empat kali. Sekali panen setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 2 hingga 3 buah dengan sekali panen setiap minggu bisa mencapai berkisar 1,9 hingga 3,6 ton per hektar.(Yuni)

No More Posts Available.

No more pages to load.