Perdana, Pjs Bupati OKU Selatan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 

oleh -86 views
Muaradua.okupos.com – Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.
Mengusung  tema “Indonesia maju berlandaskan Pancasila”. Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 di Kabupaten OKU Selatan berjalan dengan sederhana, khidmat dan tertib serta menerapkan Protokol Kesehatan, bertempat di Lapangan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Kamis (01/10/2020).
.
Pjs. Bupati OKU Selatan Hj. Nora Elisya, S.H.,M.M. selaku Inspektur Upacara, membacakan Teks Pancasila, diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Para Pejabat, Para ASN, TNI/Polri di Kabupaten OKU Selatan.
.
Pemerintah Kabupaten OKU Selatan rutin menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober.
Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut. Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan.
Terkait peringatan ini, Pjs. Bupati OKU Selatan mengungkapkan bahwasannya, peringatan hari kesaktian pancasila pada dasarnya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara. Selain itu, Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketata negaraan yang meliputi Bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya serta Pertahanan dan Keamanan.(Yuni)
BACA JUGA  Assisten I Pemkab OKU Selatan Pimpin Rapat Persiapan JASS #9