Plh Bupati OKU Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-XXVI Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2021 

oleh -270 views
Baturaja.OKU POS.Com – Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Seleksi Tilawatil Qur’an memiliki kebijakan yang diatur oleh Meneteri Agama yaitu Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2019 tentang Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Seleksi Tilawatil Qur’an. Musabaqah Tilawatil Qur’an yang dikenal dengan singkatan MTQ adalah perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah al- Qur’an, dan hafalan al-Hadits. Seleksi Tilawatil Qur’an atau disingkat STQ adalah perlombaan yang melombakan sebagian cabang MTQ.
Tujuan MTQ dan STQ adalah untuk memelihara, mengembangkan, dan/atau meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan/atau penyebarluasan al-Qur’an dan al-Hadits; dan menjadikan al-Qur’an dan al-Hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama.
.
Pelaksana Harian Bupati OKU Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-XXVI Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2021 Bertempat di Ruang Bina Praja,  Kamis (25/03/2021).
.
Hadir dalam kesempatan ini Plt. Asisten II Setda OKU bidang Ekonomi dan Pembangunan selaku Kabag Kesra, Sekretaris Kanmenag OKU, Ketua MUI, Kabag, Camat, dan peserta rapat lainnya.
.
Menurut rencana, pelaksanaan STQ tingkat kabupaten OKU tahun 2021 dipusatkan di komplek Masjid Agung Islamic Centre Baturaja diikuti 13 kecamatan.
.
Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H mengharapkan pelaksanaan STQ harus dikonsep dengan baik, sehingga pelaksanaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta tidak melanggar protokol kesehatan.
.
Kepada panitia pelaksana kegiatan,  pelaksana harian bupati OKU mengharapkan dapat pelaksanaan STQ ini disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat tentang pelaksanaan STQ pada tahun 2021 di Kabupaten OKU melalui media  massa yang ada di kabupaten OKU, sehingga dapat dirasakan dan diterima oleh masyarakat dengan baik.
Hal tersebut ungkap pelaksana harian bupati pada pelaksanasn STQ tingkat kabupaten OKU ini, bukan karena untuk mengurangi dampak Covid-19, akan tetapi tidak mengurangi hikmad dan kualitas pelaksanaan STQ di Kabupaten OKU.
.
Diharapkan juga agar peserta yang mengikuti kegiatan STQ ini mempunyai kualitas baik yang dapat membawa nama baik kabupaten OKU pada tingkat provinsi bahkan pada tingkat nasional. Untuk itu kepada panitia penyelenggara dan dewan hakim agar menseleksi peserta lomba secara ketat, sehingga dapat menciptakan atlet yang berkualitas.
Pelaksanaan STQ ke-XXVI tahun 2021 tingkat kabupaten OKU dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan tanggal 9 April  2021. Cabang-cabang yang akan diperlombakan pada STQ tingkat kabupaten OKU tahun 2021 diantaranya, cabang Tartil, Tilawah, Tahfidz, dan cabang lomba lainnya. (Yuni)
BACA JUGA  STN Menerima Bantuan Beras Untuk Petani Dari Polda Sumsel