Polres OKU Selatan Laksanakan Pemeriksaan Administrasi Awal Bagi Pendaftar Bintara PTU Dan Bintara Khusus TI Polri Polri Tahun 2020 

oleh -5,541 views

Muaradua.OKU POS.Com – Kepolisian Negara Republik Indonesia kembali membuka kesempatan bagi warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan calon Bintara Polri Tahun 2020.

Untuk menjadi calon Bintara Polri tentu harus dapat memenuhi persyaratan dan mengikuti tahapan seleksi, diantara persyaratan awal yang harus di ikuti adalah pemeriksaan kesehatan.
.
Sebanyak 133 orang asal Kabupaten OKU Selatan mengikuti Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal seleksi terpadu Calon Bintara Anggota Polri tahun 2020 di Poliklinik Mapolres OKU selatan, Senin (24/08/2020).
.
Peserta yang terdiri dari 115 orang laki-laki dan 14 perempuan itu akan mengikuti seleksi administrasi untuk Bintara Polri, dengan rincian;
.
BINTARA PTU:
Pria      :  115  Orang.
Wanita :    14  Orang.
Total     : 129  Orang
.
Dinyatakan MS (Memenuhi Syarat) : 109 orang.
TMS (Tidak Memenuhi Syarat) : 20 orang.
 2  orang tinggi badan kurang.
18  Orang mengundurkan diri.
.
BINTARA KHUSUS TI :
Pria      : 4  .orang.
Wanita : Nihil.
Total : 4 orang
Dinyatakan MS : 4 orang.
Dinyatakan TMS :  Nihil.
.
Seleksi diawali dengan arahan dari Kabag Sumda Polres OKU Selatan, AKP Supit Widiarto. Dalam seleksi administratif itu, para peserta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh, dan wajib menggunakan masker dan jarak antar peserta juga diatur.
Pemeriksaan administrasi dimulai dengan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan sebagai syarat yang harus dipenuhi.
.
Kapolres Kabupaten OKU Selatan, AKBP Zulkarnain Harahap S Ik, didampingi Kasubag Humas AKP Supit Widiarto menjelaskan, seluruh tahapan seleksi penerimaan Polri menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan Akuntabel, Humanis).
.
“Untuk menjamin transparansi, pelaksanaan pemeriksaan administrasi (Rikmin) melibatkan pengawas Internal dan Eksternal, baik Polres maupun dari instansi terkait seperti Plh Kabag Sumda, Paur Kes beserta anggota Urkes Polres OKU Selatan, Personel Bag Sumda Polres OKU Selatan, Pemeriksa dari Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan, Pemeriksa dari Dinas Dukcapil Kabupaten OKU Selatan, Personel Kasiwas Polres OKU Selatan, Personel Kasi propam Polres OKU Selatan,” Jelas Kapolres Zulkarnain.
.
Sedangkan untuk keabsahan berkas berupa Ijazah, nilai raport, domisili dan usia, pemeriksaan dilakukan oleh Tim Exsternal dari Dikdukcapil dan Disdikdi Kabupaten OKU Selatan.
.
“Hasil penerimaan akan diumumkan secara terbuka, dan setiap pendaftar bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak,” Terangnya.
.
Dalam pelaksanaan kegiatan Rikmin Awal Calon Bintara Anggota Polri TA. 2020 tersebut juga diawasi Pengawas Internal yakni Ipda Arsyadi Putra Jaya (Kasi Propam Polres OKU Selatan) dan Kasiwas Polres OKU Selatan.
.
Pelaksanaan Rikmin awal tersebut dibuka hingga hari Minggu tanggal 24 Agustus 2020. Pelaksanaan berjalan dengan tertib dan lancar dengan memperhatikan Protokol Kesehatan.
.
Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, SIK kepada Media OKU POS.Com mengatakan, “Saat ini Polres OKU Selatan sedang melaksanakan seleksi awal penerimaan calon Bintara Polri Tahun 2020, dan kesempatan bagi Putra Putri Kabupaten OKU selatan untuk menjadi anggota Polri, maka dari itu tahapan-tahapan seleksi harus di ikuti. Persiapkan diri dalam mengikuti seleksi serta jangan terpengaruh dengan isu, apa lagi ada oknum yang menawarkan jasa untuk dapat meloloskan dalam tahapan seleksi penerimaan Calon Bintara ini, itu tidak benar,” Ungkap Zulkarnain.
.
Lebih lanjut, Zulkarnain berharap pada rekrutmen Calon Bintara Polri tahun depan di ikuti lebih banyak lagi peminatnya untuk menjadi anggota Polri, kita akan bekerjasama dengan Dinas-dinas intansi yang terkait. Sehinga untuk penerimaan calon Bintara Polri tahun depan akan lebih meningkat quotanya, dan kita inginkan banyak putra putri yang berasal dari Kabupaten OKU Selatan yang lolos dan di terima menjadi anggota Polri,” Tutup Kapolres.
Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi awal di Polres OKU Selatan, para pendaftar bisa mengikuti tahapan selanjutnya di tingkat Polda Palembang.(Yuni)
BACA JUGA  Bupati OKU Selatan Sosialisasi Perluasan Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji 

No More Posts Available.

No more pages to load.