Polres OKU Selatan Terjunkan 109 Personel pengamanan pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

oleh -947 views

Muaradua.OKU POS.Com – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 terus berlanjut, terhitung sejak hari Jumat (04/09/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar tahapan pendaftaran calon. Tahapan ini akan digelar selama tiga hari dan ditutup pada Minggu (06/09/2020).

Mereka yang boleh mendaftar adalah yang mendapat rekomendasi dari partai politik/gabungan partai politik, serta yang oleh dinyatakan memenuhi syarat sebagai bakal pasangan calon perseorangan oleh KPU.

Pendaftaran dilakukan partai politik/gabungan parpol dan bakal paslon ke KPU daerah pencalonan.

Begitu juga Pilkada di kabupaten OKU Selatan setelah mendeklarasikan diri, pasangan Calon Bupati Kabupaten OKU Selatan Popo Ali dan Sholihien Abuasir mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati ke Kantor KPU Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (05/09/2020).

Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan tersebut mendapat pengawalan dari personel Polres OKU Selatan yang dipimpin langsung Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S,IK.

Sebanyak 109 personel Polres OKU Selatan dan Polsek jajaran melakukan pengamanan pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan untuk Pilkada 2020.

Kapolres AKBP Zulkarnain Harahap S,IK mengatakan, pengamanan tersebut bertujuan untuk menjaga kelancaran proses pendaftaran serta mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Polres OKU Selatan akan mendukung penuh untuk melaksanakan pengamanan dalam setiap tahapan Pilkada yang diselenggarakan pada tahun 2020 ini,” Ujar Polres.

Zulkarnain menegaskan, kepolisian akan menindak tegas siapapun yang ingin menganggu jalannya proses Pilkada di Kabupaten OKU selatan.

Pasangan bakal calon bupati dan wakilnya yang mendaftar pada hari Sabtu Popo Ali dan Sholihien Abuasir didampingi 13 Partai pengusung yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora Indonesia (Partai Pendukung), Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda. Dilanjutkan dengan Pendaftaran Calon Bupati Pasangan Popo Ali dan Sholihien Abuasir, yang di dampingi Partai Pendukung Gelora Indonesia.

BACA JUGA  Pemerintah OKU Selatan Gelar Upacara HUT RI KE - 75 Tahun, Sederhana Penuh Hikmat

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU dan komisioner KPU, Ketua komisioner Bawaslu Kabupaten OKU selatan.

Tahapan Pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Selatan hari ini mulai dibuka, Polres OKU Selatan turunkan 109 personil untuk pengamanan. Hal itu disampaikan Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap SIK, mengatakan untuk menjaga kondusifitas pendaftaran bagi para calon yang mengikuti pilkada serentak tahun 2020 ini.

Meski pemilihan Kepala Daerah Tahun ini sedikit berbeda karena situasi global pandemi Covid-19, pengamanan yang diterapkan Kepolisian Resort OKU Selatan tetap secara profesional dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Bahkan, pengamanan pendaftaran pasangan calon tersebut di cek dan kontrol langsung oleh Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap S,IK bersama, Waka Polres Sukarminto SH.MM, Kabag Ops AKBP Muzir Cika, Kasat Intel, Kasat Sabara, Kasat Lantas dan Kamtibmas turun langsung mengawal keamanan selama kegiatan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar ke KPU OKU Selatan untuk memastikan kesiapan seluruh personel.

BACA JUGA  Pemkab OKU Selatan Siap Laksanakan New Normal Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Lebih lanjut Ia menjelaskan sebanyak 109 personel dikerahkan guna berjaga di beberapa titik vital sepanjang pendaftaran.

“Petugas langsung kita siagakan agar pelaksanaan pendaftaran pasangan calon rangka Pemilukada itu bisa berjalan kondusif dan sesuai harapan kita semua,”Ucap Kapolres AKBP Zulkarnain Harahap SIK saat dikonfirmasi OKU POS.Com.

Zulkarnain mengatakan bahwa selain mengecek kesiapan seluruh personel, pihaknya juga menekankan seluruh personelnya untuk melaksanakan tugas sesuai dengan SOP demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah pendaftaran hari ini berlangsung aman, lancar dan damai. Ikuti saja aturan yang ada, tetap utamakan protokol kesehatan dan terpenting saling mengingatkan peran dan fungsi tugas,” Tegas Kapolres.

“Sepanjang pelaksanaan acara itu, setiap pihak wajib menjalankan protokol kesehatan dengan maksimal. Seluruhnya diwajibkan menggunakan masker, termasuk para pasangan calon yang hendak mendaftarkan diri”, Jelasnya lagi

Pola pengamanan yang diterapkan sendiri di terapkan di 10 Polsek-Polsek OKU Selatan, untuk memastikan kegiatan betul-betul berlangsung aman, tertib dan lancar sesuai dengan harapan semua pihak.

“Kita berharap acara ini berlangsung kondusif, masyarakat yang ikut sebagai pendukungnya kami himbau tetap saling menjaga dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Semuanya wajib masker, dan yang paling penting, kita berharap pasangan calon maupun koordinator pendukung bisa menjaga ketertiban. Semoga tetap sehat dan terlaksana dengan baik,”Terang Zulkarnain.(Yuni)

No More Posts Available.

No more pages to load.