POLSEK BUAY RUNJUNG HIMBAU MASYARAKAT WASPADA PEREDARAN UANG PALSU

oleh -1018 Dilihat

Buay Runjung.OKU POS.Com — Masyarakat diingatkan untuk tetap mewaspadai peredaran uang palsu (upal) dan lebih teliti dalam bertransaksi.
Di tengah meningkatnya berbagai transaksi ekonomi dan peredaran uang di masyarakat tidak menutup kemungkinan hal itu dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mengedarkan upal.
.
Sehingga peredaran uang palsu juga bakal meningkat di tengah-tengah masyarakat.
.
” Kami menghimbau agar masyarakat lebih teliti saat bertransaksi dengan uang tunai, hal ini terbukti dengan di temukannya peredaran uang palsu yang beredar di pasar kalangan Bumi Genap, Kec. Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan “, Ujar Kapolsek.
.
Pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2023 sekira Pukul 08.00 Wib telah ditemukan uang yang diduga palsu di Pasar Tradisional (pasar kalangan) Desa Bumi Genap Kec. Runjung Agung Kab. Oku Selatan.
.
Uang palsu yang telah beredar adalah uang kertas dalam pecahan Rp.100.000.- dan dalam pecahan Rp.50.000.- yang berhasil ditemukan sebanyak Rp.750.000.-.(tujuh ratus ribu rupiah).
.
Adapun cara peredaran uang palsu tersebut di bawah dan diedarkan oleh seorang pelaku perempuan yang tidak dikenal, memakai jilbab dan bermasker dengan cara pelaku berbelanja membeli barang ke para pedagang di pasar kalangan, dan setelah menerima barang dan kembalian dari para pedagang lalu pelaku langsung pergi.
.
Penemuan uang palsu tersebut di benarkan oleh Kapolsek Buay Runjung, IPTU Firdaus, adapun langkah – langkah yang di lakukan oleh Kapolsek Buay Runjung antara lain telah menghimbau kepada masyarakat agar waspada dengan adannya peredaran uang palsu yang saat ini telah di temukan beredar di Pasar Kalangan Bumi Genap.
.
Masyarakat masih banyak yang belum dapat membedakan mana uang asli dan mana uang palsu.
.
Pelaku peredaran pemalsuan uang kertas rupiah biasanya tidak dilakukan seorang diri dan memerlukan perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan perbuatan tersebut.
.
Sementara itu, Kapolsek Buay Runjung memprediksi dimungkinkan uang palsu yang telah berhasil diedarkan oleh pelaku di pasar kalangan Desa Bumi genap mencapai Rp. 2.000.000.-
.
Di mungkinkan pelaku tidak seorang diri melainkan komplotan. Di mungkinkan pelaku masih melakukan aksinya ditempat tempat lain.
.
Saat ini kepolisian telah menyita uang palsu yang beredar di pasar kalangan.
Kapolsek dan Babinkamtibmas telah melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat. ( Yuni )

Penulis : Sri wahyuningsih

BACA JUGA  TINJAU LOKASI PEMBANGUNAN RUMAH KHUSUS, BUPATI MINTA SEGERA DIMANFAATKAN

No More Posts Available.

No more pages to load.