PT Semen Baturaja, Partisipasi Dalam Pengembangan UKM

oleh -4,362 views

Baturaja.OKUPOS.Com – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT.Semen Baturaja (Persero) Tbk. Selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Ogan Komering (OKU), Sumatera Selatan. Hal ini terbukti melalui Stand pameran diacara OKU EXPO yang gelar di halaman Gedung Olahraga (GOR) Baturaja, Kabupaten OKU. Dalam rangka mengisi kemeriahan acara Hari Jadi HUT Kabupaten OKU ke-109 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 29 Juli lalu.

Adapun beberapa hal yang dipamerkan oleh PT.Semen Baturaja (PTSB), perusahaan yang memproduksi semen dengan moto “Kokoh dan Tahan Lamo” ini, diantaranya Rumah Kreatif BUMN (RKB) Baturaja yang bermitra pada produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Terdiri dari beberapa jenis bidang usaha, seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, fashion, jasa, peternakan, perikanan dan lainnya.

“Sebenarnya Stand kita ini ada 2 bagian, antara Semen Baturaja dan Rumah Kreatif BUMN Baturaja. Yang mana Semen Baturaja memamerkan beberapa alat ramah lingkungan yang digunakan dalam pembuatan dan bahan baku semen, sementara fungsi dari Rumah Kreatif BUMN untuk mewadahi UKM. Kehadirannya disini juga untuk membuka registrasi bagi calon-calon UKM yang ingin bermitra. Untuk kemajuan produknya, disini kami bantu jual dan pasarkan juga. Jadi nanti para calon UMKM bisa tanya jawab langsung sama mitra UKM yang sudah bergabung ,”kata Fenti Saputri, Spd. koordinator Rumah Kreatif BUMN PTSB saat dibincangi di lokasi, Kamis (1/8/19).

BACA JUGA  Bupati OKU Selatan Lepas Rombongan Pawai Takbir Akbar Keliling Muara Dua

Dijelaskan Fenti, untuk mitra Rumah Kreatif yang sudah bergabung akan mengikuti pelatihan yang diadakan setiap satu bulan sekali dengan 6 agenda pelatihan, bertempat RKB Baturaja . Adapun tujuan dan manfaat dari pelatihan, diantaranya untuk meningkatkan produktivitas pelaku ukm OKU, meningkatkan , membangun mental dan karakter UKM supaya kuat dalam berbisnis, Menjadikan UKM OKU maju dan Berkualitas. Go modern, Go digital dan Go Online.

“Untuk mitra yang sudah bergabung di Rumah Kreatif, sudah ada sekitar 238 orang lebih. Dalam hal ini kami lebih memunculkan kreatifitas sama ciri khasnya OKU itu apa ?, seperti untuk makanan ringan ada 15 jenis yang kita tampilkan dipameran ini, diantaranya Aneka makanan ringan, bubuk kopi Ogan dan lainnya. Ditambah kerajinan tangan ciri khas OKU, seperti Lehar Rotan, Peci Rotan, Kotak Tisu Anyaman, Botol Decoupage dan Batik Lukis. Yang semuanya kita bantu, baik dari segi Marketing, Packaging dan Branding produk itu sendiri sampai pelaku UMKM bisa berkembang ketingkat nasional ,”urai Fenti

BACA JUGA  TK TELKOM BATURAJA TERIMA PIAGAM TERBAIK 2 TELKOM SCHOOLS

Lebih dalam disampaikannya, Rumah Kreatif BUMN akan diperankan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi , pengembangan dan digitalisasi UKM.
Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM dalam hal Peningkatan kompetensi, Peningkatkan Akses Pemasaran dan Kemudahkan akses Permodalan. Pendampingan di dalam Rumah Kreatif BUMN dilakukan melalui proses kegiatan yang diawali dengan REGISTRASI dan ANALISA DATA UKM secara offline maupun secara melalui online.

“Para pelaku UKM juga akan didampingi para ahli dalam pengembangan usaha untuk meningkatkan kualitas produk, standarisasi bahan baku, standarisasi produksi, bimbingan pengembangan produk baru, packaging, branding, quality control dan bimbingan pendanaan ,”tutup Fenti Saputri, Spd. koordinator Rumah Kreatif BUMN PT. Semen Baturaja. (RMW)

No More Posts Available.

No more pages to load.