Puncak HUT Bhayangkara Ke-73 Kapolres OKU Gelar Upacara dan Penyerahan Penghargaan

oleh -108 views

Baturaja.OKU POS.Com – Dalam acara puncak dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 tahun 2019 yang jatuh pada setiap 1 Juli. Polres OKU, Sumatera Selatan menggelar upacara dan acara puncak HUT Bhayangkara, bertempat di lapangan upacara Mapolres OKU, Rabu (10/7/19).

Kemeriahan acara yang digelar Polres OKU dirangkum dengan diisi berbagai pertunjukan dan acara, dihadiri Dandim 0403/OKU, Bupati OKU beserta Forkomimda, Kepala OPD, BUMN, BUMD dan para Purnabhakti Polisi yang telah usai mengemban tugas dijajaran Polres OKU beserta masyarakat dari berbagai profesi dan elemen, Rabu (10/7).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati OKU Drs H Kuryana Azis sekaligus penyampai kata sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Bupati OKU. Yang mana, Presiden dan atas nama rakyat, bangsa dan negara mengucapkan selamat Hari Bhayangkara Ke-73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) dimana pun bertugas.

Presiden mengapresiasi kepada segenap anggota Polri, atas berbagai capaian yang telah diraih selama ini. Semakin membuktikan Institusi Polri semakin Profesional, Modern dan Terpercaya. Membuat institusi Polri cepat berpuas diri namun sebaliknya menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari bertindak sebagai penyampai amanat Presiden Republik Indonesia mengatakan, selalu mengedepankan strategi kepolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

“Ini semua berkat sinergitas dari TNI, POLRI, stakholder, alim ulama dan peran masyarakat. Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri bersama TNI telah mengamankan perhelatan internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah dan juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 juga Pemilu tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai dan demokratis ,”ucap Kapolres.

Lebih dalam disampaikannya, Polri juga telah berhasil mewujudkan 69 ZI (zona integritas), terdiri dari 64 satker dengan predikat WBK (wilayah bebas korupsi) dan 5 satker dengan predikat WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan ZI terbanyak setelah kementerian keuangan.

Sehinggga menjadikan tingkat kepercayaan publik terhadap institusi terus meningkat, hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai hasil survei yang telah diselenggarakan oleh lembaga-lembaga survei kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik setelah KPK (komisi pemberantasan korupsi) dan TNI.

“Kita semua juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri, dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negari. Melalui peringatan hari Bhayangkara tahun ini, diharapkan bukan sekedar menjadi perayaan tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimilisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat ,”ungkap Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari.

Acara berlanjut dengan pemberian penghargaan kepada para Purnabhakti yang telah selesai bertugas. Pemberian penghargaan juga diberikan kepadasejumlah anggota personil Polres OKU berprestasi, yang diserahkan langsung oleh Kapolres dan Bupati OKU. Dilanjutkan dengan perayaan pedang pora dan diakhiri dengan menaiki bentor (becak motor) oleh Kapolres OKU meninggalkan Mapolres OKU sebagai penutup rangkaian kemeriahan acara HUT Bhayangkara Ke-73 yang digelar Polres OKU dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. (RMW)