Ringankan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19, Senator Termuda Jialyka Maharani Sumbangkan Gajinya

oleh -511 views
Jakarta.OKU POS.Com – Anggota DPD RI Jialyka Maharani berharap masa suram pandemi Covid-19 segera berakhir karena banyak masyarakat yang terdampak dari pandemi ini. Untuk meringankan beban masyarakat, Jialyka lantas menyumbangkan gajinya.
.
“Bantuan tersebut disalurkan sejak pertama kali kasus Corona masuk ke Indonesia hingga saat ini,” ujar Jialyka kepada wartawan, Jumat (22/8/2020).
.
Menurut Jialyka, dirinya kerap berkeliling di daerah pemilihannya (Dapil), Sumatera Selatan. Selain menerima aspirasi dan berdialog dengan masyarakat, senator termuda yang kini berusia 22 tahun ini juga berharharap bantuan yang disalurkannya itu dapat membantu ekonomi masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan yang disalurkannya itu bermacam-macam.
.
“Bantuan itu berupa ribuan paket sembako, masker dan hand sanitizer,” Ujarnya.
.
Jialyka menambahkan dirinya juga gencar mempromosikan produk-produk UMKM di daerahnya. Dia hampir setiap hari memposting dan mereview produk-produk UMKM yang dibelinya di media sosial seperti Instagram pribadinya. Menurutnya, apa yang dilakukannya itu dapat ditiru para influencer lain karena mempromosikan produk UMKM untuk menjaga stabilitas ekonomi masyarakat.
.
“Itu agar UMKM tetap eksis meski di masa pandemi yang serba sulit saat ini. Hal tersebut dapat membantu pengusaha agar tetap berproduksi dan tetap memperkerjakan karyawannya,” Tambah Jialyka.
.
Selain itu, Jualyika juga meminta pemerintah, Kementerian Desa, menggandeng generasi milenial di seluruh tanah air dalam penyaluran program. Potensi anak muda harus dimaksimalkan. Penggunaan dana desa jangan hanya difokuskan kepada pembangunan infrastruktur tetapi juga kepada pembangunan sumber daya manusia.
.
“Seperti pemberian beasiswa, kursus dan pelatihan untuk meningkatkan skill anak muda di desa,” paparnya.
.
Jialyka juga meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyediakan day care dan ruang laktasi di setiap instansi pemerintahan. Sebab, bagi dia, hal tersebut sangat penting day care dan ruang laktasi ini dapat memudahkan para ibu-ibu bekerja.
.
“Jika setiap instansi pemerintah mampu menghadirkan day care dan ruang laktasi, hal tersebut dapat dijadikan sebagai pilot project untuk diterapkan di swasta,” Tandasnya.
.
Penerma penghargaan “Democracy Award” ini juga meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempercepat pembangunan daerah. Pembangunan daeah yang dimaksud Jialyka ini terkait program pemekaran daerah di Sumatera Selatan dipercepat.
.
“Itu sangat urgent untuk segera dibentuk daerah otonom baru,” Tutur Jialyka.(Red)
BACA JUGA  Asisten III Pemkab OKU Selatan Drs.  Herman Azedi, SKM, MM Membuka Forum Gabungan Kemitraan dan Komunikasi Bersama BPJS Kesehatan