RSUD Dr. Ibnu Sutowo Baturaja Gelar Workshop

oleh -9,041 views

Baturaja.OKUPOS.Com-Dalam rangka menghadapi penilaian Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1, seluruh pemegang Pokja RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Kabupaten OKU mendapatkan bimbingan sekaligus Workshop Komunikasi Efektip dari Hospital Training Service Jakarta oleh bapak Fredy Oloan Purba SKM Mars ini.

Kegiatan digelar selama 4 hari, bertempat di aula IGD RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 19 Juli 2019. Acara tersebut dibuka oleh Direktur RSUD Ibnu Sutowo, Dr. Rynna Dyana.

Setelah mengikuti bimbingan, adapun rencana penilaiannya akan dilaksanakan pada bulan November 2019 mendatang. Dengan tim penilaian yang akan dilakukan oleh surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta.

BACA JUGA  PANITIA PILKADES BATUMARTA I TERBENTUK

“Yang mana tujuan dari akreditasi rumah sakitini ini dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit dan SDM rumah sakit itu sendiri ,”kata H Turipno SKM, Kaur Humas RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Kamis (25/7/19).

Dijelaskannya, akreditasi rumah sakit adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen sebagai penyelenggara akreditasi. Setelah itu akan ada penilaian, bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan.

Hal ini ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI, diatur dalam Permenkes No.12 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit. Tercantum didalam undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, pasal 40 ayat 1 menyatakan bahwa, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali.

BACA JUGA  Wabub OKU Selatan Gelar Safari Ramadan 1440 H di Desa Sukamarga

”Kegiatan seperti Akreditasi sangat wajib diikuti oleh semua rumah sakit yang ada. Baik itu rumah swasta/privat, BUMN maupun rumah sakit milik pemerintah, sebab setiap rumah pasti mempunyai tujuan yang sama. Yaitu memberikan pelayanan maksimal berbekal pengetahuan yang didapat demi kesembuhan pasien ,”tutup H. Turipno. (RMW)

No More Posts Available.

No more pages to load.