SEHARI BERSAMA KETUA DPRD OKU

oleh -1.125 views

Baturaja.OKU POS.Com – Ramah, santun bersahaja namun terbersit ketegasan dalam bersikap dialah sosok putra Kabupaten OKU masa depan. Ir.H .Marjito Bachri, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Ogan Komering (OKU), Sumatera Selatan, merupakan sosok pekerja keras yang bermodalkan kemauan disertai kejujuran dalam menggapai setiap impian yang diinginkan.

Dirinya juga merupakan sosok pantang mundur dalam menghadapi setiap persoalan, baik itu persoalan dari segi apapun selalu berusaha tanpa kenal waktu.
.
Hal tersebut terungkap ketika Politisi Ketua Partai Gerindra Kabupaten OKU yang mencalonkan diri pada Pileg 2019 ini saat disambangi awak media, Pimpinan Umum Media Cetak dan Online  OKU POS dan Redaksi Sumsel kabardaerah.com di ruang kerjanya, gedung DPRD OKU, Senin (06/01/19).

Dalam perbincangannya, H.Marjito sempat mengungkapkan dengan bercerita sedikit pengalaman dirinya semasa muda sebelum menggeluti dunia politik. Di usia sekitar 22 tahun dirinya sempat mengalami kesulitan tidur atau insomnia karena beban memikirkan keadaan yang ada.

“Sewaktu saya masih muda dulu, sekitar tahun 1983 masih duduk dikelas 2 SMP sempat mengurusi usaha ayam potong yang saya bangun bermodalkan uang pinjaman dari paman saya ,”ungkap Marjito mengawali ceritanya.
.
Namun, sambung dia, usaha saya sempat merosot karena harga pakan ayam yang terus naik. Selain itu juga banyak yang ngutang ditambah kerasnya persaingan usaha pada saat itu, sehingga lama kelamaan usaha ayam potong saya bangkrut ,”celetuk Marjito sembari disertai tawa kecilnya.

Kebersamaan sehari bersama Ketua DPRD OKU ini semakin seru, ketika dirinya mengajak ke sebuah peternakan kambing miliknya yang berada di daerah Rantau Kumpai, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten OKU.

Selama sekitar 20 menit diperjalanan menuju lokasi, didalam mobil Marjito yang juga didampingi Alex Andaran, pengusaha sukses asal Medan dibidang perbengkelan mobil, peternak ayam petelur dan perkebunan.

Marjito mengungkapkan rahasia jika ingin sukses maka tidak perlu terlihat mewah, cukup hidup sederhana dengan berhemat, perbanyak investasi, selalu memulai usaha dari nol berdasarkan pengalaman kemauan.
.
“Jika ada kemauan, semua usaha pasti ada jalan. Jadikan kegagalan sebagai guru untuk meraih sukses, bukan menyerah takut karena kegagalan ,”ujarnya.

BACA JUGA  BUPATI OKU HADIRI GELAR APEL PASUKAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Sesampainya di lokasi peternakan, tampak ratusan ekor  kambing milik Marjito terlihat sudah beranak pinak dengan sehat dan bersih. Tentunya dari omset rupiah yang didapat Marjito dari hasil ternak kambing bisa ditafsir ratusan juta rupiah, tanpa harus menjadi Ketua DPRD pun kehidupan sosok Marjito ini bisa sejahtera, belum lagi ditambah usaha lainnya miliknya.
.
Diantaranya, Usaha Kontraktor Sipil, jasa Konsultan tehnik pondasi dan mekanika tanah, jasa konsultan sistim penurunan muks air tanah untuk pekerjaan struktur di bawah tanah. Sementara di usaha perbengkelan Insiyur Tehnik ini mengeluti usaha bengkel bubut, perbengkelan industri pompa submeribele untuk industi dan tambang serta usaha Produksi Karet Crum Rubber SIR 20 yang selama ini membuka peluang kerja untuk puta putri OKU.

Sosok putra daerah OKU satu ini, yang  awalnya kembali kekampung hanya berniat untuk memajukan usaha pertanian dan perkebunan, namun sepertinya untuk berbuat lebih dalam memajukan usaha bersama masyarakat tentu di butuhkan kebersamaan dan bersenergi antara rakyat dan pemerintah
.
Akhirnya melalui partai Gerindra Marjito  menapakkan kaki di dunia politik dan terpilih dan di percaya menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan dua (Kecamatan Semidang aji, Kecamatan Pengandonan, Kecamatan Ulu Ogan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kecamatan Lengkiti, Kecamatan Muara Jaya ), di periode pertama sebagai wakil rakyat 2014-2019 cukup banyak terobosan yang di lakukan putra ulu ogan, Alumni Universitas Krisnadwipayana Jakarta ini, terutama di bidang pertanian, perkebunan dan perternakan.

Namun bukan berarti pengabdian berakhir, di periode kedua ini Marjito diberikan kepercayaan rakyat OKU sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), untuk mengemban amanah rakyat. Tentu dengan jabatan tersebut ladang pengabdian untuk memperjuangkan nasib rakyat OKU cukup berpeluang bagi Marjito.
.
Ditanya apakah berniat untuk mengikuti Pilkada (Pemilihan Bupati) yang tak lama lagi digelar di OKU, dengan tegas “Marjito Ketua Partai Gerindra Kab. OKU ini” mengatakan “TIDAK”, Saya fokus dengan amanah rakyat OKU yang saya wakili apa  lagi saat ini saya di percaya sebagai Ketua DPRD OKU, berarti saya milik OKU dan saya harus mengabdikan diri untuk menjadi wakil rakyat OKU tentu akan bersama-sama Pemerintah OKU untuk berbuat dan berinovasi, bagaimana membangun OKU ini lebih baik di berbagai bidang terutama pertanian, perkebunan, perternakan, perikanan, usaha, kreaktif rakyat yang sangat bersentuhan langsung dengan rakyat tentu tidak kalah pentingnya di berbagai bidang lainnya yang bermuara pada kesejahteran rakyat OKU ,ujar Marjito.
.
Setelah sekian jam berada di peternakan kambing milik Marjito, perjalanan kami pun berlanjut ke usaha peternakan ayam petelur milik Alex Andaran yang berlokasi di seputaran Jalan Cor, Desa Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat.

BACA JUGA  Bupati OKU Selatan Hadiri kegiatan Haflah Akhirussanah dan Halal Bihalal Ponpes Darul Ulum

Disana kamipun dikagetkan dengan ribuan ayam petelur milik Alex Andaran yang juga beromset ratusan juta rupiah dengan produksi hasil telur mencapai ribuan butir perhari.
.
Searah dengan pikiran Ketua DPRD OKU, Sarjana Hukum Bernama Andaran Simbolon ini terkadang agak sedikit risih jika di katakan warga pendatang yang mana Alex Panggilan Akrab, pemilik bengkel Alusiau servis ini dilahirkan di besarkan di bumi sebimbing sekundang.

Hanya kebetulan orang tua berasal dari medan, Andaran yang mengeluti Dunia Otomotif ini selain usaha perternakan dan perkebuan juga diam-diam membina usaha kecil dan rumahan berupa keripik pisang Cavendis yang saat ini sedang penjajakan, untuk di pasarkan ke luar daerah tentu dengan lesensi unggulan OKU.
.
Petualangan sehari kami pun bersama kedua pengusaha sukses Ketua DPRD OKU H.Marjito dan Alex Andaran pun ditutup dengan makan bersama diatas satu meja makan, pada sebuah rumah makan Sederhana daerah Batu kuning, Kota Baturaja.
.
Biodata
Nama :Ir H Marjito Bachri
TTL BATURAJA 15 02 1967
Pendidikan
SD Negri Belambangan OKU
SMP M 28 JAKARTA
SMA N 45 Jakarta Utara
Akademi Teknologi Sapta Taruna-Jakarta
Univesrsitas Krisnadwipayana – Jakarta
.
REF.
1986 – 1990
Stap laboratorium penelitian tanah untuk perebcanaa teknik pondasi
.
1990 – 1992
Supervisor pekerjaan struture dan finishing untuk proyek gedung
.
1993 – 1995
Project Manager
Pekerjaan gedung dan Bangunan Pabrik
.
1994 – 2013
Menekuni bidang usaha suport engginering construction
– teknik pondasi
– mekanika tanah
– sisitem Dewatering
– monitoring kestabilan pergerakan tanah  total proyek 157
( Azam )