Sekda OKU Selatan Pimpin Rakor Evaluasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah

oleh -2.356 views

Muaradua.OKU POS.Com – Melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, gelar rapat koordinasi dalam rangka evaluasi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor Retribusi Daerah, Bertempat di Ruang Rapat Terbatas Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Kamis (04/06/2020).

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, SE, M.Si didampingi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Herman Azedi, SKM., M.M. dan dihadiri oleh masing-masing Kepala Dinas serta Kepala Bidang tiap OPD yang memiliki tugas dan kewajiban dalam hal pemungutan Retribusi Daerah Kabupaten OKU Selatan.

Alur jalannya rapat ini dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Herman Azedi, SKM., M.M. rapat koordinasi dan evaluasi terhadap penerimaan PAD sektor retribusi daerah di Kabupaten OKU Selatan dihadiri tiga belas OPD yang memiliki target PAD di Kabupayen OKU Selatan.

Kepala Bapenda Drs. Linkulin, M.M. dalam pemaparan materi rapat menjelaskan bahwa terjadi penurunan signifikan APBD Kabupaten OKU Selatan dengan pos pendapatan Rp. 1.417.931.778.679,82,- Perkada IV menjadi Rp. 1.284.492.778.584,21 turun Rp. 133.439.000.095,61,- grafik dari sektor PAD Kabupaten OKU Selatan turun 4,08%, lain-lain pendapatan daerah yang sah 24,71% menjadi 27,58%, Dana Perimbangan 70,62% turun menjadi 68,33%.

BACA JUGA  Kepala Cabang Mandiri Finance Baturaja Enggan Dikonfirmasi, Terkait Oknum Karyawan Terlibat Kasus Penggelapan BPKB

Untuk OPD yang realisasi PAD-nya mencapai target tahapan dengan rasio 5/12 x 100% = 41,67% adalah 1. Dinas Perumahan dan Permukiman dengan persentase 52%, 2. Dinas Kesehatan dengan persentase 51,43%.

Kepala Bapenda mengucapkan terima kasih bagi yang telah mencapai target.

” Tahapan yang telah ditetapkan dan berharap lebih ditingkatkan lagi, sedangkan yang belum mencapai target agar OPD penghasil retribusi daerah Kabupaten OKU Selatan mengoftimalisasi/memaksimalkan retribusinya masing-masing agar mencapai target yang ditetapkan “, Ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, S.E.,M.Si. menyampaikan, ” Akibat dari pandemi Covid-19, terdapat beberapa hambatan kegiatan roda pemerintahan khususnya dalam penarikan retribusi daerah, akan tetapi hambatan apapun demi jalannya roda pemerintahan harus kita atasi “, Jelasnya.

Beliau juga menyampaikan bahwasannya, ” OKU Selatan akan mencanangkan penerapan New Normal/tatanan yang akan dimulai awal bulan Juni, artinya setiap OPD harus mengeluarkan makanismenya dalam penerapan New Normal dan tentu saja pekerjaan pemerintahan akan tetap berjalan seperti biasa sesuai dengan protokol atau fase-fase ketetapan New Normal kecuali apel gabungan dan apel kantor yang ditiadakan “, Ujar Romzi.

BACA JUGA  Tidak Ditemui Gugatan Pada Pemilu, Bupati OKU Selatan Apresiasi Kinerja Bawaslu

Sekretaris daerah masih memaklumi dalam berbagai sektor urusan retribusi selama dua bulan kebelakang tetapi dengan adanya New Normal mulai bulan ini dan kedepan retribusi daerah harus didongkrak, tidak ada kata lain artinya kita harus berupaya keras untuk meningkatkan PAD salah satu langkahnya menurut beliau yaitu setiap penyetoran retribusi harus di efisiensi lagi.

” Kita semua berharap dengan dimulainya tatanan baru agar semua elemen produktif. Dan setiap OPD mencoba memaksimalkan dan mengoptimalkan retribusi akan tetapi tentu mengingat kondisi masyarakat juga “, Ujarnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD),  merupakan salah satu bentuk wujud nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten OKU Selatan untuk menunjukkan kemandiriannya. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus berupaya menggali potensi yang ada guna meningkatkan PAD di Kabupaten OKU Selatan, yang nantinya pendapatan ini berguna untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten OKU Selatan.

” Mari kita mulai era baru/tatanan baru dan tetap produktif tentunya tetap menjaga diri dan terus mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19 “, Tutupnya.(Yuni)

No More Posts Available.

No more pages to load.