Sukses di Lubukraja, Kini PDAM OKU Kembali Bakal Bangun SPAM di Lekis 

oleh -5,260 views

Baturaja.OKU POS.Com – Setelah sukses pada tahun 2018 lalu melaksanakan pencapaian target tepat waktu dalam pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten OKU. Yang mana keberhasilan PDAM OKU sendiri sebelumnya telah melakukan uji coba dari Intake menuju IPA (Instalasi Pengolahan Air) yang telah diresmikan langsung oleh Bupati OKU bersama Satker Balai Besar Sumber Daya Air Wilayah Delapan Sumbagsel pada Januari 2019 lalu.

Kini, PDAM OKU kembali berencana akan melaksanakan pembangunan SPAM di Kecamatan Baturaja Timur, tepatnya berlokasi di Desa Lekis, Kelurahan Sekar jaya, Seputaran Desa Tanjung Kemala dan Terusan. Sebagai sarana dan prasarana air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat OKU, ditambah untuk menjaga kesetabilan air PAM agar lebih bersih lagi. Juga untuk memberikan layanan bagi masyarakat OKU yang daerahnya belum sempat teraliri air bersih PDAM OKU.

BACA JUGA  Pemkab OKU Selatan Siap Laksanakan New Normal Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Adapun nantinya beberapa daerah yang akan teraliri oleh program PDAM OKU tahun 2019 ini. Diantaranya, Desa Tanjung Kemala, Desa Terusan, RS Sriwijaya, RS Holindo sampai ke daerah Desa Air Paoh. Selain itu SPAM ini berpungsi untuk menambah serta meningkatkan kualitas air diseputaran deerah Bakung dan Desa Tanjung Baru agar lebih baik lagi.

Hal tersebut dikatakan Direktur PDAM OKU H Abi Kusno SE, saat diwawancara redaksi OKU POS.Com melalui via telpon seluler, Kamis (16/5/19). Yang mana Abi Kusno menyampaikan, bahwa rencana program pembangunan SPAM tahun 2019 ini merupakan usulan dari masyarakat melalui PDAM OKU yang telah terencana dengan matang oleh pihaknya.

“Program ini merupakan sumber dana dari APBN, yang rencananya nanti akan kita bangunkan SPAM yang berlokasi di Lekis, seputaran Desa Terusan dan Tanjung Kemala. Dengan kapasitas 120 liter perdetik yang mampu menampung 12000 lebih pelanggan, SPAM ini dua kali lipat lebih besar dari Lubuk Raja ,”kata Abis Kusno.

BACA JUGA  Bupati OKU Selatan Lantik 78 Kades Terpilih Se Kabupaten 

Dijelaskannya, besarnya jumlah dana APBN Sekitar kisaran Rp.70 Miliar ,”Sekarang semuanya sedang kita persiapkan dan insya Allah berjalan lancar, sehingga bisa kembali selesai di tahun 2019 ini sesuai apa yang sudah kita targetkan ,”terang Abi Kusno.

Yang mana, Sambung dia, tahun ini kita juga sambil melakukan pengembangan SPAM yang sudah kita bangun sebelumnya di Lubuk Raja. Juga sambil menyiapkan perencanaan pembangunan SPAM untuk daerah Peninjauan, yang sudah kita targetkan pasti bakal menyusul tahun depan pembangunannya di tahun 2020 nanti ,”ungkap Direktur PDAM yang dikenal sukses memajukan Perusahaan Dearah Air Minum di Bumi Sebimbing Sekundang Kabupaten OKU. (RMW)

No More Posts Available.

No more pages to load.