Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kunjungi Desa Batu Putih

oleh -4,605 views
Poto: Kades Batu Putih Medi Candra, saat menyambut kedatangan Kadin PMD, Camat beserta seluruh Tim Penilai Lomba Desa tingkat Kabupaten, di Aula Kantor Desa Batu Putih.

OKU POS.Com-Baturaja – Setelah berhasil memenangkan Perlombaan Penilaian Perkembangan Pembangunan antar Desa, atau lomba Desa ditingkat Kecamatan, kini Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang mendapat juara 1 pada lomba Desa tahun lalu telah bersiap akan mengikuti lomba Desa untuk tingkat Kabupaten.

Atas keberhasilannya tersebut, Desa Batu Putih kembali dikunjungi oleh tim dari tingkat Kabupaten yang terdiri dari beberapa pihak, seperti dari Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, PKK, Bagian Kemasyarakatan Setda OKU, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sat Pol PP beserta dari Universitas Baturaja (Unbara). Untuk mempersiapkan maju menuju lomba Desa ketingkat yang lebih tinggi, yakni tingkat Kabupaten mewakili Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Acara penyambutan tim dari Kabupaten ini, bertempat di Aula Kantor Desa Batu Putih, Senin (04/3/19). Dihadiri Camat Baturaja Barat, Kapolsek, Danramil, Kadin PMD OKU, para Kades dari pemenang lomba Desa juara 2 dan 3, Lurah, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya beserta Masyarakat yang ramai menyaksikan jalannya sesi penyambutan.

“Yang mana kegiatan Lomba Desa sudah merupakan salah satu agenda tahunan yang selalu dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun sekali oleh Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Baik itu Lomba Desa dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Nasional. Dengan dasar Hukum Pelaksanaan Kegiatan tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan ,”kata Heryamin, Camat Baturaja Barat dalam sambutannya.

BACA JUGA  Bujang Gadis OKU Diharapkan Menjadi Duta Wisata¬†

Dijelaskannya, penilaian juga berdasarkan dari apa saja yang dikerjakan oleh perangkat Desa beserta jajarannya selama 2 tahun terakhir ,”Hal ini akan dinilai, apakah kegiatan yang sudah terprogramkan sudah terlaksana semua. Kemudian juga beberapa tentang laporannya, apa saja kegiatan yang telah terlaksana dan yang tertunda, nantinya semua itu akan dinilai oleh tim penilai bukan kami sebagai tuan rumah ,”jelas Camat.

Selanjutnya, kata sambutan juga disampaikan Kadin PMD OKU Ahmad Firdaus, yang mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan Desa, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing Desa melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran. Dengan memperkuat daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, diperlukan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan.

BACA JUGA  Johan Anuar Pimpin Pelantikan Pejabat Dilingkungan Pemkab OKU

“Nantinya, terpilihnya pemenang Lomba Desa ini dari hasil seleksi yang ketat oleh tim penilai bukan yang lain. Adapun kriteria Desa yang diikutkan dalam lomba adalah Desa Berkembang dan Desa yang baru berkembang sesuai Profil Desa itu sendiri selama dua tahun terakhir. Selain itu ada 47 dokumen Desa yang harus dipenuhi, saya berharap Desa Batu Putih kedepannya bisa mewakili Kecamatan Baturaja Barat untuk ke tingkat Kabupaten bahkan Provinsi ,”harap Ahmad Firdaus.

Sementara Medi Candra Kades Batu Putih menyampaikan ucapan terikasih kepada semua yang telah ikut mendukung Desa nya, agar nantinya bisa maju dan memenangkan perlombaan Desa pada tingkat Kabupaten yang akan diikuti.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, tanpa terkecuali semua pihak dan jajaran perangkat Desa Batu Putih yang telah bersama-sama bekerja keras demi terciptanya prestasi yang membanggakan di Desa yang kita cintai ini. Karena tanpa doa dan dukungan semua pihak kami bukan lah apa-apa ,”ungkap Medi Candra. (RMW)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.