Wakil Bupati OKU Selatan Ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke – 59 Bersama Gubernur 

oleh -1.185 views
Muaradua.OKU POS.Com – Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).
.
Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.
.
Kini Organisasi Pramuka sudah memasuki usia ke-59 Tahun banyak sudah prestasi yang di raih oleh organisasi ke panduan ini.
.
Dalam peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 ini, pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengikuti upacara bersama Gubernur Sumatera Selatan.
.
Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir,SP.,M.Si., Ikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 secara virtual bersama Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI. Agus Suhardi juga diikuti secara virtual oleh Kwarda kab/kota Se-Sumsel, Kamis (19/8/2020).
.
Bertempat di Gedung Dewan Kesenian  OKU Selatan turut hadir dalam kesempatan ini Anggota DPRD, FKPD, Sekretaris Daerah , Para Asisten, Staf Ahli,  Para Kepala OPD Serta undangan lainnya.
.
Gubernur Sumatera Selatan mengucapkan Selamat Hari Pramuka dan berharap agar jiwa-jiwa kedasadarmaan tertanam kedalam insan-insan pramuka. Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa Ia menginstruksikan seluruh Bupati Walikota untuk mengaktifkan kembali gerakan pramuka mulai dari sekolah dasar hingga mahasiswa.
.
“Jiwa pramuka harus ditanamkan melalui dasa darma dan kegiatan-kegiatannya bahwa pramuka selalu ingin bermusyawarah, disiplin, beretika itu ada didalam doktrin yang kita terima sejak kecil. Oleh sebab itu, Bupati Walikota buatlah kegiatan hidupkan kembali bumi perkemahan di setiap Kab/Kota,” Ujar Gubernur.
.
Selanjutnya beliau mengatakan bahwa, pramuka tidak boleh identik dengan atribut saja tapi penanaman jiwanya. Di hari Pramuka ini Gubernur Sumsel mendoakan agar pramuka dapat meningkatkan perannya untuk mendidik serta membina generasi-generasi berkarakter.
.
“Gerakan pramuka harus dikelola dan dibina dengan baik. Maka saya juga terus memberikan dukungan atas eksistensi pramuka di Sumsel. Salah satunya mendukung agar Sumsel menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional pada tahun 2022 mendatang,” Ungkap Deru.
.
Gubernur juga mengajak setiap pihak untuk mendukung kesiapan acara tersebut agar dapat terlaksana dengan baik, mulai dari Kodam, Polda Sumsel, dan juga Kwartir Daerah. Selain itu Gubernur juga memberikan penghargaan Dharmabhakti kepada Ketua Mabicab Banyuasin Askolani Jasi dan Ketua Kwarcab Musi Rawas, Hj Suwarti. Kemudian penghargaan Pancawarsa III kepada Ketua Mabicab Muara Enim H Juarsah dan Ketua Kwarcab Pagar Alam, M Fadli.
Setelah Selesai mengikuti Upacara secara virtual Wakil bupati OKU Selatan, selaku ketua Kwarcab gerakan Peramuka OKU Selatan secara langsung membagikan hadiah jepada Peserta Lomba dalam Rangka memperingati HUT Pramuka yang ke-59 Tahun 2020.(Yuni)
BACA JUGA  Pemudik Harus Jeli Tetap Waspada Jalan Sempit dan Rawan Longsor Himbau BPBD OKU Selatan

No More Posts Available.

No more pages to load.