Warga Desa Pusar Inisiatif Gotong Royong Perbaiki Tali Jembatan

oleh -2.869 views

Baturaja.OKU POS.Com – Supaya tetap bisa dilewati meski beresiko warga Desa Pusar berinisiatif melaksanakan kerja gotong royong. Guna memperbaiki tali jembatan gantung yang nyaris putus di Desa mereka. Hal ini dampak dari guyuran hujan deras yang terjadi dari sore sampai subuh, pada Kamis malam Jum’at kemarin, tepatnya tanggal 26 April 2019. Sehingga mengkibatkan derasnya arus air sungai ogan meluap melampaui jembatan, menyebabkan sampah dan pepohonan yang hanyut terbawa arus sungai menerjang jembatan.

Jembatan yang diketahui sudah berumur hampir 15 tahun ini, berada di kampung 4 Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU. Mengalami kerusakan dengan kondisi sekitar 85 persen, dan nyaris putus. Meski tidak ada korban jiwa, namun hujan deras juga sempat membanjiri rumah warga yang berada di tepian sungai, juga dibeberapa titik lokasi lain di OKU.

BACA JUGA  Kuryana Azis Hadiri Wisuda Santri di Ponpes Miftahul Jannah

“Hari ini kami berinisiatif gotong royong memperbaiki tali jembatan dengan hanya menggunakan alat seadanya. Agar tali jembatan yang sebagiannya sudah hampir putus ini jangan dulu putus, sebelum diperbaiki oleh bapak Bupati OKU yang kemarin datang ke sini meninjau kondisi jembatan. Sebab kalau putus kasihan warga kampung 4 yang berada diseberang sana nanti sama dengan sekitar 60 kepala keluarga, nanti sekali tidak bisa lewat ,”kata salah seorang warga Pusar saat ditanya Redaksi OKU POS.Com dilokasi, Sabtu (27/4/19).

BACA JUGA  SERASI, MENUJU OKU LUMBUNG PANGAN

Sementara, Candra selaku Sekretaris Desa Pusar yang juga berada lokasi menyampaikan, jika kedatangan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis ke lokasi, meminta Kades membuat surat usulan perbaikan jembatan agar bisa segera ditindak lanjuti.

“Surat usulan sudah kami buat, namun berhubung Desa kita ini juga dan berada didalam wilayah Ring 1 daerah PT Semen Baturaja, Kades kita juga sempat berkoordinasi meminta bantuan ke pihak PT Semen. Kemudian pihak PT pun menanggapi, kini kami hanya menunggu saja nanti pihak mana yang akan membantu perbaikan jembatan ,”ungkap Candra. (RMW)