Wayan Supadno : 6K Untuk Cetak Pajak dan Devisa dari Sektor Pertanian

oleh -1.651 views
Baturaja.OKU POS.Com – “Waduh Pak, kalau dikuti maunya pasar internasional maka kita jadi stres sendiri karena terlalu banyak pesanannya, untuk pesanan 1 orang pengusaha saja dari Dubai 1 juta botol dengan kemasan 0,5 liter ekstrak buah segar,” hal itu diungkapkan seseorang bernama Rio Erlangga (33 tahun) saat saya tanya bagaimana perkembangan permintaan pasar atas produk inovasinya, di kantornya.
Padahal pada tahun 2016, dia datang ke rumah saya dengan keraguan atas segala macam alasannya. Saat itu berpakaian dinas perusahaan multinasional dengan polosnya datang ke rumah saya di Cibubur. Agak saya dorong agar bertekat bulat berbuat beda agar hasilnya beda pula. Kini telah berubah total, karyawannya puluhan orang, bahkan tadi rombongan dari TV Swasta lagi meliput kegiatan industrinya yang bernuansakan inovasi produk turunan buah-buahan diekstrak.
Saya menyempatkan berkunjung kerumahnya, dan disambut dengan begitu hangatnya, diajak makan siang bersama, apalagi Orangtuanya (Ibu Kandungnya) yang tahu persis tentang kedekatan hubungan kami, begitu terlihat bahagia. Ibundanya juga jauh berubah dibanding dulu, terlihat jelas dari bahasa tubuhnya dan tak perlu saya urai di sini. Saya turut bersyukur dan bangga. Apalagi Mas Rio tetap rendah hati tahu diri tanpa harus jadi kacang lupa kulitnya jika sukses sudah dalam genggamannya. Karyawannya ada yang sibuk mengurusi bahan baku, proses, kemasan dan distribusi. Tadi juga ada rapat dengan pasukan pemasarannya. Antusias semua. Keren!!!
Uniknya, 60% omsetnya didapat dari agen distributor pada segmen pasar online. Serangan sunyi senyap tapi menguasai sasaran. Hilang timbul tapi tetap setia dan konsisten untuk mengukir prestasi dalam kemenangan. Sedangkan yang 40% nya lagi bahan baku setengah jadi untuk industri pangan kelas besar. Tentu Mas Rio tetap membuka peluang bagi siapa saja yang mau ikut memasarkannya, baik curah untuk disuplai ke perusahaan minuman ataupun dijual lagi dalam wujud kemasan apik nuansa begitu inovatifnya.
Yang begitu penting jadi catatan saya, selalu berangkat ingin membantu pasarnya hasil dari para petani. Ini bahan baku yang harus konsisten terpenuhi 6K nya yaitu kualitas, kuantitas, kontinuitas, ketepatan, kecepatan dan kompetitif. Mas Rio juga sedang mengembangkan industrinya skala lebih besar lagi di Jonggol Bogor guna menjawab besarnya permintaan dan besarnya potensi bahan baku di petani kita. Tak kalah pentingnya ternyata mobilpun sudah memakai yang kelas mewah.
Saya pun berguman…
Sekali lagi, selamat Mas Rio, semoga makin banyak yang latah berbuat beda cetak lapangan pekerjaan, cetak pajak dan devisa serta nyata menggerakkan ekonomi riil masyarakat. Sebaik – baiknya Insan adalah yang memberi manfaat nyata bagi kehidupan sekitarnya.
(Wayan Supadno, Praktisi Pertanian)
BACA JUGA  KPUD OKU Selatan Terima Berkas Bakal Calon Dari Petahana