WCD Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah se Dunia di Danau Ranau

oleh -4.443 views

Banding Agung.OKU POS.Com – Gerakan bersih-bersih sampah yang dilaksanakan di areal pantai Danau Ranau, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan dalam rangka Hari Bersih-Bersih Sedunia tahun 2019. Kegiatan merupakan salah satu implementasi kearifan lokal dalam rangka memperingati Hari Bersih Bumi atau World Cleanup Day yang jatuh pada hari ini, Sabtu (21/09/2019).

Dalam peringatan World Cleanup Day 21 September 2019 ini, Kabupaten OKU Selatan menjadi salah satu kabupaten yang melakukan kegiatan serentak bersama masyarakat, pelajar, relawan serta komunitas/organisasi dan para aktivis lingkungan yang ada di OKU Selatan ikut menggelar aksi word cleandup day 2019, bertempat di kawasan wisata Danau Ranau.

Acara ini dilaksanakan dan dibuka langsung oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, kali ini diwakili oleh Asisten II Hermansyah Said.,S.IP. Adapun rute dalam aksi yang di koordinatori oleh Herman Monpera, Sudirman dan panitia aksi yang start dari titik awal berkumpul di lapangan kantor Camat Banding Agung bersama seluruh relawan. Dilanjutkan dengan pembersihan sampah di lokasi Icon Danau Ranau, meliputi sekitar Kecamatan Banding Agung, pasar impres dan kawasan Pariwisata Danau Ranau.

Jumlah relawan yang ikut aksi sebanyak 2700 relawan dari siswa SD, SMP, SMA, MI, MTs, MAN, organisasi & komunitas, aktivis lingkungan serta masyarakat OKU Selatan, dari aksi tersebut peserta relawan aksi dapat mengumpulkan Sampah (karung/kg), 4 mobil sampah, 2 kali pengulangan angkut sampah dengan jumlah sampah terkumpulkan 2.3 ton, tak luput dari perhatian para awak media dan insan pers.

BACA JUGA  Hijaukan Mapolres, Satlantas Polres OKU Selatan Tanam Ratusan Bibit Buah

Ternyata dari aksi kegiatan ini merupakan salah satu gagasan seorang gadis yang pernah mendapat gelar sebagai Gadis OKU Selatan Tahun 2018. Yaitu Suci Lestari beserta para aktivis lingkungan di OKU Selatan. Suci menyampaikan rasa syukurnya sebagai Leader dan mewakili rekan relawan aksi dalam kegiatan ini, dimana banyak antusias dari masyarakat dan para komunitas dan organisasi yang ada di Kabupaten Oku selatan.

“Semoga aksi ini bisa membangkitkan semangat & kesadaran masyarakat agar selalu peduli terhadap lingkungan. harapan saya aksi ini menjadi aksi tahunan kita semoga di tahun selanjutnya lebih banyak lagi masyarakat ikut dalam aksi yang kita lakukan hari ini, serta selalu menjaga kearifan budaya lokal dan terutama Icon Danau Ranau yang kita Banggakan ,”ujar Suci Lestari selaku Leader WCD OKUS/Duta Pariwisata OKUS.

Sementara itu, disampaikan Asisten II, Hermansyah Said., S.ip gerakan bersih sampah sebagai bentuk komitmen dan aksi dalam rangka pengendalian pencemaran danau. Kegiatan ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di Danau serta mengelola dan melindungi lingkungan hidup sesuai dengan tata kehidupan. “Kegiatan hari ini merupakan implementasi nyata dalam mewujudkan Danau Ranau bersih dan sehat,” ulas Hermansyah

Menurut Hermansyah, dirinya berharap gerakan bersih sampah ini bukan sekedar sebuah seremonial. Namun juga benar-benar merupakan suatu gerakan yang membumi dan efektif untuk mengatasi ancaman sampah di Danau Ranau, Banding Agung. Dalam sambutannya juga menekankan agar bersih -bersih sampah ini menjadi sebuah budaya dan bukan hanya dilakukan pada hari tertentu saja. “Mari kita biasakan jika menemukan sampah untuk memungut dan membuang pada tempatnya,” kembali ungkap Herman.

BACA JUGA  Wakil Bupati OKU Selatan Terima Audensi TVRI Sumatera Selatan

World Cleanup Day 2018 dilakukan secara serentak pada tanggal 21 September 2019 di 150 negara dengan harapan diikuti lima persen dari populasi penduduk. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan sampah dan bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan ,”terangnya.

Lebih dalam disampaikan Asisten II Setda OKUS ini yang mengatakan jika aksi bersih-bersih sangat diharapkan menjadi gerakan masif menuju Danau Ranau yang hijau serta menunjukkan kepada dunia kekompakan masyarakat Banding Agung untuk merawat lingkungan.

Aksi pungut sampah di Danau Ranau ini melibatkan berbagai unsur Anggota DPRD OKU Selatan Dapil III, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan, Camat Bandar Agung, Relawan Cleanup Day OKU Selatan, Kepala Desa Di Kecamatan Banding Agung, BPRRT, Warkuk Ranau Selatan, Tokoh Masyarakat Setempat Dan Alim Ulama, Para Siswa/Siswi Dari Tingkatan Sekolah serta berbagai komponen dengan jumlah peserta sekitar 2700 orang. (Yuni)

No More Posts Available.

No more pages to load.