Yayasan Ayo Bangkit Bangsaku Bersama Dinas Sosial OKU Serta Kepala Desa Lunggayan Data Peyandang Disabilitas Dan Orang Dalam Gangguan Jiwa

oleh -608 views
Baturaja.OKU POS.Com – Tidak semua manusia diciptakan dengan kondisi fisik atau mental yang sempurna. Ada sebagian orang yang memiliki kekurangan, seperti tidak dapat mendengar, tidak dapat berbicara, keterbelakangan mental, dan lain sebagainya. Ada juga yang dilahirkan sempurna, akan tetapi karena peristiwa tertentu seperti bencana alam dan kecelakaan menyebabkan ia memiliki kekurangan fisik atau mental.
Kekurangan tersebut menyebabkan seseorang memiliki keterbatasan dalam menjalani kehidupan, baik secara pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menyebabkan sebagian dari mereka menjadi minder atau rendah diri dalam pergaulan. Apalagi jika mendapat sebutan orang cacat, membuat mereka semakin tidak percaya diri. Untuk itu, penggunaan istilah penyandang cacat bagi orang yang memiliki kekurangan fisik atau mental sudah mulai ditinggalkan. Sekarang, orang lebih sering menggunakan istilah difabel atau disabilitas.
.
Namun rasa perduli dan empati selalu di kedepankan oleh yayasan Ayo Bangkit Bangsaku, Yayasan yang terbentuk dan didirikan oleh kelompok Pengusaha Muda, Di Kabupaten OKU ini sangat Konsen Terhadap per permasalahan Sosial
.
Berawal dari baksos dua bayi kembar beberapa waktu yang lalu dan berlangsung dengan pembicaraan dengan Kepala Desa Lunggayan, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU. Bahwa masih ada warganya yang terdata pada Dinas Sosial OKU. Melalui yayasan Ayo Bangkit Bangsaku, Afat Sugianto Sekretaris Yayasan berkordinasi Kepada Dinas Sosial OKU dan langsung di respon positif untuk terjun langsung ke Desa Lunggayan.
.
Sementara Itu, Andaran Ketua Yayasan Ayo Bangkit Bangsaku yang akrab di sapa Bang Alex mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Kabupaten OKU yang selalu merespon setiap kegiatan Sosial yang di lakukan oleh yayasan ini.
.
Terlebih lagi Kepala Desa Lunggayan Elvin Agustian, SE Sangat berterima kasih kepada Dinas Sosial Kabupaten OKU yang merespon penyampaian kami melalui yayasan Ayo Bangkit Bangsaku.
.
“Tentu apa yang kita lakukan hari ini merupakan kewajiban kita bersama untuk membantu terhadap sesama terlebih bagi kami warga Desa Lunggayan kita yakin semuanya ini merupakan ladang ibadah untuk kita semua,”Ujar Elvin.
Tim dari Dinas sosial OKU yang di wakili PLT Kabid Rehabilitasi sosial bapak Sutaryo SKM bersama Kasi_PD Bapak Mulyadi SE dan staf yang lain berjumlah 8 orang turun langsung bertemu para penyandang disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa ( ODGJ ) dan mendatanya, rasa terima kasih sempat di sampaikan bapak Kabid-Resos bapak Sutaryo SKM kepada Yayasan ABB atas peran serta membantu pendataan awal di desa Lunggayan.
.
“Dengan begini kami ( Plt Kabid Resos ) bisa melihat langsung keadaan sebenar nya di lapangan bukan sekedar penyajian data di atas meja, lanjut tegas nya atas penyambutan oleh pihak desa lunggayan langsung oleh Kepala Desa dan ibu PKK Desa lunggayan serta jajaran seluruh perangkat desa. Begitu istimewa dan kades serta perangkat desa pun turut serta mendampingi ketua yayasan dan tim pendataan dari dinsos untuk pendataan langsung di lapangan,” Ucapnya.
.
Sementara itu Afat Sugianto Sekretasis Yayasan Ayo Bangkit Bangsaku menuturkan, “Peran serta dan peran aktif yayasan bentuk tindak lanjut kegiatan yayasan di Desa Lunggayan saat melakukan baksos yang telah di lakukan sebelumnya, setelah berdiskusi dan meminta izin dari kades Desa Lunggaian yayasan berkoordinasi dengan dinas sosial  OKU untuk terwujudnya kegiatan hari ini pendataan langsung oleh dinas sosial,” Jelas Afat.
.
Sambutan dan peran serta semua perangkat Desa Lunggaian yang langsung di pimpin Kepala Desa nya begitu terasa pada saat pendataan langsung terhadap warga penyandang disabilitas dan ODGJ, Yayasan dan tim dari dinas sosial OKU pun terbantukan atas peran serta seluruh perangkat Desa Lunggayan.
.
Harapan atas kegiatan ini ada nya peran aktif dan peran nyata pemerintah daerah dan pusat mengenai penanganan penyandang disabilitas dan Orang Dalam Gangguan Jiwa. Dengan ada kegiatan yang sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Lunggaian dan dinas sosial dasar yayasan ingin menggugah dan memberikan inspirasi bagi anak muda dan mereka yang di berikan kesempurnaan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
“Betapa kita sebagai manusia pasti di berikan empati untuk berbuat kebaikan dalam bentuk apa pun, baik motifasi sesederhana itu bisa membantu mereka masyarakat yang kekurangan dalam hal fisik. Semoga kegiatan-kegiatan yayasan ini bermanfaat bagi siapa pun, menjadi inspirasi dan motifasi buat kita sesama manusia,” Tutup Afat. (Yuni)
BACA JUGA  Bermalam Di TS Residence, Manjakan Tamu Dengan Suasana Sejuk Dan Nyaman