“Yayasan Ayo Bangkit”, Peduli Masyarakat Terdampak Virus Corona Sembelih 3 Ekor Kambing Qurban

oleh -2,310 views
Baturaja.OKU POS.Com – Virus Corona yang melanda dunia menjadi perhatian serius oleh pemerintah pusat maupun daerah, Virus Corona dengan nama kerennya Ciovid -19 ini belum berakhir. Semenjak mewabahnya virus yang mematikan ini sangat berdampak kepada situasi perekonomian, dikarenakan begitu banyak sektor ekonomi baik lokal maupun nasional yang lumpuh sehingga pemutusan kerja. Tak terelakkan oleh usaha baik sekala kecil maupun sekala menengah, bahkan sekala besar pun tidak terhindar dari krisis yang disebabkan oleh covid -19 ini.
Untuk mengantisipasi krisis sosial yang di sebabkan oleh dampak virus corona ini, pemerintah melalui berbagai lembaganya, TNI, Polri dan berbagai lembaga serta komunitas masing-masing memberikan bantuan, baik berupa sembako dan bantuan dalam bentuk lain nya demi meringankan beban masyarakat.
.
Sama hal nya dengan yang lain, “Yayasan Ayo Bangkit” yang merupakan yayasan bergerak di bidang sosial ini tidak mau ketinggalan dalam memberikan perhatian kepada masyarakat, walau hanya sebatas memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar.
.
Andaran Simbilon SH, yang lebih akrab di panggil Bang Alex selaku pendiri Yayasan Ayo Bangkit kepada OKU POS.Com mengatakan, “Yayasan ini kita dirikan dan di latarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang  kurang  memahami untuk pengurusan administrasi jati diri kependudukan, sehingga di saat menghadapi situasi pandemi corona virus ini warga kurang mengerti cara menguruskan identitas diri dalam bentuk KTP, KK bahkan KIS masih ada yang terlewatkan,” Ungkap Bang Alex.
“Dengan Yayasan Ayo Bangkit yang  tidak sedikit hak masyarakat terselesaikan, di antaranya pengurusan Kartu KIS,”Tambahnya.
.
Yayasan Ayo Bangkit ini berdiri di awali dengan sering nya berkumpul sekelompok anak-anak muda yang terdiri dari berbagai suku, agama dan dari berbagai latar belakang profesi, yang ingin berperan membantu masyarakat yang saat ini masih banyak yang harus di perhatikan apa lagi di saat Covid 19 ini.
Di katakannya, “Puji syukur berkat kebersamaan dan didasari niat tulus, yayasan yang baru seumur jagubg ini sudah bisa berbuat, walau pun baru sebatas pembagian sembako untuk meringankan beban saudara kita,”Ujarnya.
.
Ada beberapa Desa di Kecamatan Baturaja Barat yang telah mengetahui, Yayasan Ayo Bangkit salurkan berupa sembako. Diantaranya Desa Sukamaju 100 Paket, Desa Batuputih 350 Paket, Desa Batu Kuning 250 Paket.
.
Selain bantuan sembako, Yayasan Ayo Bangkit juga fokus di bidang Pertanian. Untuk tanam tahun ini Yayasan Ayo bangkit telah menyalurkan Bibit Jagung, bantuan Dinas Pertanian melalui kelompok-kelompok Tani, membagikan  1500 Batang Bibit Nangka, yang tersebar di beberapa Kecamatan.
Membagikan Bibit Pisang Cavendhis sebanyak 2500 kepada Kelompok, bahkan saat ini Pisang Cavendhis tersebut sudah mulai berbuah yang di tanam di Dusun Talang Aman, Kelurahan Baturaja Barat, Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur dan Desa Batumarta 1 Kecamatan Lubuk Raja.
.
Selain di bidang sosial pertanian, Yayasan Ayu Bangkit juga saat ini sedang mengembangkan Koperasi Serba Usaha, Terutama di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perbengkelan dan bidang usaha lainnya.
“Untuk perbengkelan, Yayasan Ayo Bangkit sudah beberapa kali melakukan pelatihan dan selanjutnya di salurkan kepada bengkel-bengkel yang tergabung pada Yayasan Ayo Bangkit,”Papar Bang Alex.
.
Sementara itu Afad Sugianto Ketua Yayasan Ayo Bangkit menambahkan, “Dalam waktu dekat ini Yayasan Ayo Bangkit akan menggelar bakhti sosial Sunatan dan Donor Darah,”Ujarnya.
.
Sementara itu, di Hari Raya Idul Adha Tahun ini Yayasan Ayo Bangkit telah menyalurkan 3 Ekor Kambing Qurban, 1 ekor Kambing Qurban dari Ketua DPRD OKU Ir. H Marjito Bhari yang juga Ketua Partai Gerindra, di sampaikan oleh Parwin Anggota DPRD OKU Dari Partai Geindra, 1 Ekor Kambing dari Bengkel Alusia Alxs dan 2 Ekor Kambing dari Media Cetak dan Online OKU POS.Com.
Tiga ekor kambing tersebut, dua di antaranya di salurkan kepada warga Dusun Enam, Desa Batuputih Kecamatan Baturaja Barat dan di Desa Batumarta 1 Kecamatan Lubuk Raja.
Lebih dalam Afad yang di dampingi Marudut Simbolon, Wakil Ketua Yayasan Ayo Bangkit menambahkan, “Saat ini yayasan ayo bangkit sedang menyelesaikan Proposal pengajuan ternak kepada Kementrian Pertanian. Kepada anggota Yayasan, anggota Kelompok Tani dan Ternak mohon bantuan dan doanya juga terutama Kepada Pemerintah Kabupaten OKU. Kami dari Yayasan Ayo Bangkit, selalu mohon bimbingan dan bantuannya agar apa yang kami lakukan, anak-anak muda OKU ini akan bermakna di masyarakat,”Tutupnya.(Yuni)
BACA JUGA  Wakil Bupati OKU Selatan Positif Tertular Virus Corona (Covid 19)

No More Posts Available.

No more pages to load.