BUPATI OKU SELATAN POPO ALI : SENI DAN KEBUDAYAAN LOKAL HIASI PEMBUKAAN PERDANA FESTIVAL DANAU RAKIHAN TAHUN 2023

oleh -763 Dilihat
Sindang Danau.okupos.com — Pertunjukan seni dan budaya lokal masyarakat Kabupaten OKU Selatan, hiasi pembukaan Festival Danau Rakihan tahun ini. Rencananya pelaksanaan Festival Danau Rakihan 2023 berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16-18 November 2023.
Dikemas dengan konsep yang yang baik, pembukaan perdana Festival Danau Rakihan ke -1 pada tahun 2023 ini berlangsung meriah. Acara di buka dengan penampilan serta pertunjukan tarian serta kesenian dan budaya dari Kecamatan Sindang Danau, serta penampilan sanggar seni dan budaya dari 19 Kecamatan lainnya.
.
Tidak hanya pertunjukan tari, berbagai kesenian juga ditampilkan dalam pembukaan Festival Danau Rakihan tahun ini. seperti pertunjukan baju adat dari 19 Kecamatan.
.
Dalam pembukaan festival ini, sangat meriah di saksikan masyarakat OKU Selatan.
.
Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Comm., serta Wakil Bupati OKU Selatan, H. Sholehien Abuasir, SP., M.Si., hadiri Opening Festival Seni dan Budaya Danau Rakihan 2023, di Lapangan Padang Lebar Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau. Kamis (16/11/2023).
.
Festival yang dibuka dengan pertunjukkan defile dari 19 Kecamatan di OKU Selatan menampilkan budaya dan ciri khas masing-masing Kecamatan.
.
Pada kesempatan itu, Camat Sindang Danau, Noptahlimi, S.P., menyatakan atas nama Pemerintah Kecamatan dan seluruh masyarakat Sindang Danau mengucapkan rasa terima kasih sebensar-besarnya atas kedatangan Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan.
.
“Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik di festival hari ini, hingga perhelatan festival Danau Rakihan bisa terus berjalan dan berkembang di tahun-tahun berikutnya. Serta menjadikan festival ini salah satu upaya dalam memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Daerah kami,” ujarnya.
Selanjutnya, laporan ketua panitia pelaksana Plt.Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Jos Akherman, S.STP., M.Si., yang mengatakan maksud dan tujuan diadakan Festival Danau Rakihan 2023 adalah untuk memberikan informasi dan pengalaman, serta keterampilan dalam tata kelola seni dan budaya yang ada di Sindang Danau.
.
Dalam laporannya, Jos juga mengatakan bahwa pelaksanaan Festival Danau Rakihan 2023 berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16-18 November 2023. Bertempat di Lapangan Padang Lebar Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau. “Kegiatan ini juga menampilkan seni dan budaya dari 19 Kecamatan di OKU Selatan.
.
Selanjutnya, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Comm., membuka sekaligus mengucapkan rasa syukur atas antusias yang luar biasa dari peserta festival serta seluruh masyarakat Sindang Danau yang hadir di perayaan Festival Danau Rakihan hari ini.
.
“Melihat antusias yang luar biasa serta kebersamaan dan cinta terhadap kebudayaan yang ada, tahun depan InsyaAllah kita laksanakan kembali perayaan seni dan budaya disini,” ujarnya.
.
Lebih lanjut, Bupati mengajak masyarakat untuk menjadikan festival ini sebagai ajang silahturahmi dan menggali potensi budaya, adat istiadat, serta tarian khas OKU Selatan yang telah banyak menjuarai kegiatan nasional dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
.
“Kita patut bangga atas potensi budaya dan tempat tinggal yang masih sangat asri. Kita berkomitmen agar dapat menjadikan festival ini berpengaruh dalam memperbaiki perekonomian. Tahun depan harus lebih matang lagi, agar lebih bermanfaat untuk masyarakat besar,” tegasnya.
.
Terakhir, Bupati berpesan agar pada perayaan festival yang seperti ini dapat menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya masing-masing daerah. Sehingga dapat diwariskan kepada generasi penerus bangsa kedepannya.
.
Acara dilanjutkan dengan penampilan tarian serta kesenian dan budaya dari Kecamatan Sindang Danau, serta penampilan sanggar seni dan budaya dari 18 Kecamatan lainnya. Kemudian, dikesempatan yang sama, juga dilakukan peninjauan bazar UMKM oleh Bupati dan Wakil Bupati, serta Ketua dan Wakil Ketua PKK, beserta rombongan.
Hadir pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati, Anggota DPR RI Tofan Maulana, Ketua dan Anggota DPRD, FKPD, Ketua dan Wakil TP PKK Kabupaten, Para Ketua Organisasi Wanita, Kakan Menag, Ketua Pengadilan Agama, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Muaradua/yang mewakili, Wakapolres OKU Selatan, Para Camat, Para Ketua Organisasi, Para Tokoh Masyarakat, serta Undangan Lainnya. (YUNI)
BACA JUGA  Membanggakan, Polres OKU Selatan Sabet Juara, Bupati Popo Ali Ucapkan Selamat

No More Posts Available.

No more pages to load.